KEMAMPUAN ANAK DALAM MENARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE
MENIRU, SAS DAN DEMONSTRASI SERTA EKSPERIMEN DI TK ISLAM AL-MADINA SEMARANG
SARI
GALIH M.S.R.2007.Kemampuan Anak
dalam Menari dengan Menggunakan Metode Meniru, SAS dan Demonstrasi serta
Eksperimen di Tk Islam Al-Madina Semarang. Skripsi Sendratasik UNNES.
Pendidikan Taman Kanak-kanak pada
hakekatnya adalah tempat anak-anak bermain sambil belajar atau belajar sambil
bermain. Pada kegiatan pembelajaran diTK sebaiknya dalam memberikan materi
pelajaran khususnya seni tari harus tepat dalam menggunakan metode dan cara
penyampaian materi. Dari hal tersebut permasalahan yang muncul adalah bagaimana
upaya meningkatkan kemampuan anak dalam menari dengan menggunakan 3 metode
dalam pembelajaran seni tari di TK Islam AL-Madina Semarang dan faktor apa saja
yang menghambat dan mendukung.
Penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh hasil belajar yang baik dengan memadukan 3 metode dalam pembelajaran
seni tari agar efektif dan efisien guna meningkatkan minat dan kemampuan anak
dalam belajar menari serta untuk mengetahui faktor apa yang saja yang
menghambat dan mendukung. Manfaatnya anak dapat mengikuti dan menerima
pelajaran dengan cepat dengan menirukan gerak, menghafal gerak, gerak yang
berirama dan merasakan gerak, meningkatkan kemampuan, daya kreatifitas dan
kemandirian.
Subjek penelitian ini adalah anak
kelompok B2 (Nuh) TK Islam AL-Madina Semarang. Objek penelitian ini adalah
perilaku anak, materi, guru dan metode pembelajaran tari yang efektif dan
efisien untuk anak TK.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Action
Researh) dengan pendekatan diskriptif prosentase. Pelaksanaan tindakan
melalui 3 putaran pelaksanaan tindakan setiap putaran melalui tahap-tahap: (1)
Perencanaan, (2) Implementasi tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Alat dan
teknik pencatatan data pada penelitian ini adalah (1) Catatan harian, (2) Wawancara,
(3) foto, (4) penampilan subjek penelitian. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah deskkiptif prosentase.
Hasil penelitian ini adalah (1)
Metode pembelajaran seni tari pada TK melalui langkah-langkah pemberian materi,
penggunaan 3 metode dapat meningkatkan kemampuan anak terbukti dengan hasil tes
praktek akhir menunjukkan nilai rata-rata kelas yang baik yaitu 78,97 dan dapat
meningkatkan aspek wiraga, wirama, wirasa dan hafalan, (2) Dengan menggunakan
metode Meniru (imam,ngede), SAS dan Demonstrasi Eksperimen secara berurutan dan
bergantian sesuai dengan kondisi dan sitiasi anak dapat meningkatkan kemampuan,
disiplin, ketermpilan, kesabaran, keberanian dan rasa percaya diri, (3) Faktor
keluarga, sekolah dan masyarakat juga bisa mempengaruhi kemampuan dan minat
anak dalam belajar menari.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar