PENERAPAN METODE PEMBERIAN
TUGAS DALAM UPAYA
MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR DAN MENINGKATKAN
PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA
MATERI POKOK
DIMENSI TIGA BAGI SISWA KELAS III IPA
4
SMA NEGERI 1 MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2004/2005
ABSTRAK
Penerapan Metode Pemberian
Tugas
dalam Upaya Menumbuhkan
Minat Belajar dan Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada
Materi Pokok Dimensi Tiga Bagi Siswa Kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun
Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”
Oleh : Dra.
Nurul Subandiyah
( Guru Matematika SMA Negeri 1 Madiun )
Alamat : Jl. Mastrip No. 19 Madiun Jawa
Timur
Tujuan Penelitian ini adalah yaitu: 1. Melalui metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika
pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun
Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005”. 2. Melalui metode pemberian tugas dapat
meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi
siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II Tahun Pelajaran
2004/2005”.
Penelitian ini mengambil lokasi di SMAN 1 Madiun.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan yaitu bulan Pebruari 2005 s. d.
April 2005. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa SMAN 1
Madiun pada kelas III IA 4 Tahun
Pelajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi dan
wawancara Analisis Data dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif.
Prosedur penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
terdiri pra tindakan dan 2 (dua) siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: Pada kondisi awal kelas
III IPA 4, hasil evaluasi Materi Pokok Dimensi Tiga, sebanyak 20 siswa atau
55,6% tidak tuntas, sedangkan yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 44,4%. Siklus I: 26 siswa atau 72,2% tuntas,
sedangkan 10 siswa atau 27,8% siswa tidak tuntas. Tingkat ketuntasan ini masih
di bawah 75% maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Ssiklus
II adalah keseluruhan siswa sebanyak 36 siswa atau 100% tuntas. Hal ini berarti
ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 100% yang berada
di atas 75% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan
menggunakan metode penugasan telah berhasil. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan
Kelas tersebut maka dapat untuk menjawab hipotesis tindakan sebagai berikut :
1. Dengan metode pemberian tugas dapat menumbuhkan minat belajar matematika
pada Materi Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun
Semester II Tahun Pelajaran 2004/2005” terbukti kebenarannya. 2. Dengan metode
pemberian tugas dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada Materi
Pokok Dimensi Tiga bagi siswa kelas III IPA 4 SMA Negeri 1 Madiun Semester II
Tahun Pelajaran 2004/2005”, terbukti kebenarannya.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar