PENINGKATAN INTERAKSI PEMBELAJARAN SISWA
DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS X SMA NEGERI 4 MADIUN DENGAN TEHNIK
PEMBELAJARAN
EVERYONE
IS A TEACHER HERE
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
ABSTRAK
Rendahnya percaya diri siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan
berdampak pada kemampuan siswa berinteraksi dalam proses pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa dalam proses
pembelajaran materi Biologi di kelas X SMA 4 Madiun Penelitian Tindakan Kelas
dipilih dalam rangka memperbaiki, meningkatkan kualitas/mutu interaksi
pembelajaran dan hasil pembelajaran di
kelas dengan fokus tehnik pembelajaran everyone
is a teacher here. Sebagai indikator peningkatan Interaksi pembelajaran
siswa dalam pembelajaran materi Biologi adalah siswa aktif saling berkomunikasi
antar siswa dan guru, baik secara lisan maupun tertulis, dengan cara mengajukan
pertanyaan, menjawab pertanyaan dan memberikan gagasan, siswa dapat
berinteraksi/memanfaatkan sumber belajar secara maksimal dalam proses
pembelajaran.
Sumber data dikumpulkan dari siswa, guru dan dokumen yang terlibat dalam
penelitian. Jenis data yang didapatkan adalah data kualitatif dan kuantitatif
yang terdiri dari:, hasil observasi terhadap pelaksana proses pembelajaran,
hasil wawancara dan hasil belajar. pada pra penelitian, siklus pertama, siklus
kedua, dan siklus ketiga Analisis data dilakukan melalui teknik analisis
deskriptif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa tehnik pembelajaran
everyone is a teacher here dapat meningkatkan Interaksi pembelajaran siswa
dalam pembelajaran materi Biologi dan memperkecil tingkat kesulitan siswa untuk
bertanya, menjawab pertanyaan dan mengemukakan gagasan dalam proses
pembelajaran, sehingga dapat
meningkatkan kualitas/mutu interaksi pembelajaran dalam proses pembelajaran dan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Interaksi pembelajaran, pembelajaran everyone is a teacher here.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar