Meningkatkan
Kecepatan Efektif Membaca (KEM) Dengan Menggunakan Metode Klos
Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo
ABSTRAK
Sutrisno, 2006. Meningkatkan
Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan Menggunakan Metode Klos Siswa Kelas XI
IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo
Kata-kata kunci :
Bahasa Indonesia, Kecepatan Efektif Membaca (KEM), dan Metode Klos
Kecepatan efektif membaca
mempunyai peranan yang sangat penting, karena dengan membaca cepat dan
kemampuan memahami bacaan yang berkualitas seseorang bisa menguasai ilmu
pengetahuan dan teknologi.
Kebiasaan membaca bahasa
Indonesia yang kurang baik berdampak negatif pada tingkat keterbacaan seseorang
atau seorang siswa. Untuk mengatasi hal tersebut sangat dibutuhkan usaha dan
kreatifitas guru. Penerapan metode Klos dalam pembelajaran membaca merupakan
salah satu upaya memecahkan masalah tersebut. Tujuan penelitian tindakan kelas
ini yaitu untuk meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) dengan menggunakan
metode klos siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Sidoarjo
Penelitian tindakan kelas
ini mengambil setting di SMA Negeri 3 Sidoarjo kelas XI IPA 2, dengan jumlah
siswa 40 siswa. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui tiga siklus. Sebelum
siklus I dilaksanakan perlu adanya pra tindakan yaitu identifikasi tentang
metode klos dan Kecepatan Efektif Membaca (KEM), kemudian dilaksanakan siklus I
sebagai penerapan metode klos, siklus II sebagai implementasi pelaksanaan
metode klos, dan siklus III sebagai tahap pemantapan. Teknik analisis data
menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang
diperoleh dari hasil pengamatan siswa dan guru selama berlangsungnya pembelajaran
di kelas, dan analisis kuantitatif yang digunakan terhadap hasil tes Kecepatan
Efektif Membaca (KEM) siswa dengan menggunakan metode klos.
Hasil penelitian pada
siklus I tingkat keterbacaannya masih rendah, karena kecepatan efektif membaca
rata-rata 87 kpm dengan tingkat Independen 18 %, tingkat Instruktional 38 % dan
pada frustasi 44 %.
Pada siklus II hasil
penelitian mengalami perubahan positif yaitu kecepatan efektif membaca
rata-rata 150 kpm dengan tingkat Independen 78 %, tingkat Instruksional 18 %,
dan tingkat frustasi 4 %.
Hasil penelitian pada
siklus III mengalami pemantapan yaitu rata-rata Kecepatan Efektif Membaca (KEM)
210 kpm dengan tingkat independen 100 %.
Hasil analisis data
menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan
metode klos dapat meningkatkan Kecepatan Efektif Membaca (KEM) siswa.
DAFTAR RUJUKAN
Depdikbud, 1999. Penelitian Tindakan. Jakarta :
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Menengah Umum.
Eriyanto.2003.
Analisis Wacana. Yogyakarta : LKIS
Harjosujono,
Akhmad Slamet, 1996. Membaca 2. Jakarta : Depdikbud Direktorat
Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Menengah Umum. Bagian Proyek
Penataran Baru SLTP Setara D.III
Kasmidjan,
Drs. 1996. Teori Membaca. Surabaya : Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni.
Poerwodarminto,
WJS., 1994, Bahasa Indonesia untuk Karang Mengarang. Yogya
: UP. Indonesia
Soedarso, 2000, Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan
Efektif. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Subyakto, Sri Utari, Dr.1988, Metodologi Pengajaran Bahasa.
Jakarta : Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan
Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
Suranto, Basowi, Sukidin.2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.
Insan Cendekia
Tim
Pelatih Proyek PGSM, 1999. Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), Jakarta: Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi, Pengembangan Guru Sekolah Menengah
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar