PENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA TINGKAT X SMK DWIGUNA
KOTA DEPOK MELALUI PENERAPAN HASIL TASK ANALYSIS
BAB I
PENDAHULUAN
Perencanaan suatu
pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru kepada siswa-siswanya harus
selalu memperhatikan tuntutan keterampilan prasyarat. Suatu materi pelajaran
harus terlebih dahulu dikaji oleh guru untuk mengidentifikasi
keterampilan-keterampilan prasyarat yang harus terlebih dahulu dikuasai siswa
sebelum dapat mempelajari materi tersebut. Guru selanjutnya harus memastikan
bahwa siswa telah benar-benar menguasai keterampilan-keterampilan prasyarat
tersebut. Jika ternyata siswa belum atau kurang menguasai keterampilan
prasyarat tersebut, maka guru terlebih dahulu harus memantapkan penguasaan
keterampilan prasyarat itu.
Rendahnya kemampuan
matematis siswa-siswi Tingkat X SMK Dwiguna Kota Depok sepertinya sangat
mempengaruhi keberhasilan belajar fisika mereka. Berdasarkan hasil analisis
ulangan harian siswa-siswi Tingkat X SMK Dwiguna Kota Depok pada bahan kajian
Pengukuran dan Gerak pada semester 1 tahun pelajaran 2007/2008, tampak bahwa
mayoritas siswa mengalami kesulitan pada perhitungan matematis. Kebanyakan siswa-siswa yang belum berhasil
mencapai batas ketuntasan minimal disebabkan karena ketidakmampuan mereka
menyelesaikan soal-soal ulangan yang diberikan pada tahapan perhitungan
matematisnya. Ini bisa dimengerti, jika soal ulangan harian dalam bentuk soal
pilihan ganda, maka otomatis ketidakmampuan menyelesaikan perhitungan matematis
akan membuat siswa-siswa tersebut salah dalam menentukan pilihan jawaban yang
benar, walaupun mereka hafal konsep atau rumus yang diperlukan untuk menjawab
soal tersebut. Pada soal hitungan bentuk uraianpun mereka tidak akan memperoleh
nilai yang sempurna untuk setiap soal yang diberikan, karena beberapa langkah
dalam menjawab soal tidak bisa mereka selesaikan dengan benar.
Hampir semua materi
pelajaran fisika menuntut siswa untuk dapat melakukan perhitungan-perhitungan
matematis. Kemampuan perhitungan matematis merupakan keterampilan prasyarat
dasar yang harus dimiliki siswa yang akan mempelajari fisika. Jika siswa tidak
menguasai keterampilan prasyarat ini, maka siswa akan gagal untuk mencapai
hasil belajar fisika yang diharapkan.
Menurut Kauchack &
Eggen (1993), pada saat akan mengajarkan sebuah keterampilan kompleks guru
harus terlebih dulu memecah-mecah suatu topik atau suatu keterampilan menjadi
bagian-bagiannya atau keterampilan-keterampilan prasyaratnya. Cara yang dapat
dilakukan oleh guru untuk memecah-mecah suatu topik atau suatu keterampilan ini
adalah melalui proses yang disebut task analysis (analisis tugas).
Proses ini dilakukan oleh guru pada saat merencanakan kegiatan belajar
mengajar.
Rumusan Masalah
Rumusan masalah pada PTK
ini adalah: Bagaimanakah penerapan hasil task analysis (analisis tugas)
dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa Tingkat X SMK Dwiguna Kota Depok
pada bahan kajian Hukum Gerak dan Gaya; serta bahan kajian Energi?
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian pada PTK ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar
fisika siswa Tingkat X SMK Dwiguna Kota Depok melalui penerapan hasil task
analysis (analisis tugas) pada bahan kajian Hukum Gerak dan Gaya; serta
bahan kajian Energi.
Manfaat Penelitian
Manfaat
penelitian yang diharapkan pada PTK ini adalah:
1. Bagi
guru peneliti, dapat meningkatkan keterampilan dalam perencanaan dan
pengelolaan pembelajaran, terkait dengan task analysis (analisis tugas)
pada bahan kajian Hukum Gerak dan Gaya; serta bahan kajian Energi.
Bagi siswa, dengan menguasai keterampilan-keterampilan
prasyarat yang
DAFTAR
PUSTAKA
Arends, Richard I., 2001. Learning to Teach. 5th
edition. Boston: McGraw Hill.
Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.
Bumi Aksara.
Depdiknas. 2005.a. Materi Pelatihan Terintegrasi IPA, Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Jakarta: Direktorat PLP.
Depdiknas. 2005.b. Materi Pelatihan Terintegrasi IPA, Model-Model
Pengajaran dalam Pembelajaran IPA. Jakarta: Direktorat PLP.
Depdiknas. 2005.c. Materi Pelatihan Terintegrasi IPA, Penulisan
Karya Ilmiah. Jakarta: Direktorat
PLP.
Kardi, S. & Nur, M., 2001. Pengajaran Langsung. Surabaya:
Pusat Sains dan Matematika Sekolah Program Pascasarjana Unesa, University
Press.
Kauchack, Donald P., & Eggen, Paul D. 1993. Learning and
Teaching. 2nd Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sukidin dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Insan Cendekia.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar