PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA POKOK MATERI
KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN MELALUI
PEMBELAJARAN KOOPERATIF
MODEL TGT
DENGAN MEDIA CHEMO-EDUTAINMENT (CET)
DI KELAS XI-IPA4 SMA NEGERI 101 JAKARTA
TAHUN AJARAN 2008/2009 SEMESTER II
ABSTRAK
Asmanah. 2009. Peningkatan Hasil
Belajar Kimia Pokok Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Melalui
Pembelajaran Kooperatif Model Teams
Games Tournament (TGT) Dengan Media Chemo-Edutainment (CET) Di Kelas XI-IPA4 SMA Negeri 101 Jakarta
Tahun Ajaran 2008/2009 Semester II.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Media Chemo-Edutainment (CET).
Siswa SMA Negeri 101 Jakarta
khususnya kelas XI-IPA4, pada ulangan Semester I hanya mencapai ketuntasan
belajar kimia sebesar 37,50%. Tujuan penelitian adalah untuk
meningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 101 Jakarta setelah menggunakan model
pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media Chemo-edutainment
(CET). Komponen dalam model TGT meliputi
penyajian materi, tim, game, turnamen dan penghargaan kelompok. Media CET yang
digunakan berupa macromedia flash dan kartu soal kimia.
Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Masing-masing siklus
meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun fokus
dalam penelitian adalah hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah dokumentasi, observasi, tes akhir siklus dan kuisioner. Berdasarkan analisis data hasil
penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar kognitif siswa pada siklus I adalah 70,29, pada siklus II
adalah 85,08 dan pada siklus III adalah 85,60. Persentase ketuntasan belajar
klasikal pada siklus I adalah 75,00 %, pada siklus II
naik menjadi 97,92 % dan pada siklus III tetap 97,92 %. Rata-rata nilai afektif siswa mengalami peningkatan yaitu 74,38 % pada
siklus I naik menjadi 80,31 % pada siklus II dan meningkat lagi pada siklus III
menjadi 90,99 %. Rata-rata
nilai psikomotorik siswa juga mengalami peningkatan yaitu 88,23 % pada siklus I naik menjadi 91,15 % pada siklus II dan meningkat
lagi pada siklus III menjadi 96,98 %.
Simpulan
penelitian adalah model pembelajaran
TGT dengan media CET dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan adalah model TGT dengan media CET dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu variasi dalam
pembelajaran, karena membuat siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran, meningkatkan hasil belajar siswa, meningkatkan semangat belajar
siswa, dan membuat pelajaran lebih menarik dan mudah dipahami siswa.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar