UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
KELAS
VIII D SMPN 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI LINGKARAN DENGAN
MODEL PEMBELAJARAN CTL
(CONTEXTUAL
TEACHING and LEARNING)
ABSTRAK
Model pembelajaran
adalah suatu pola atau langkah-langkah pembelajaran tertentu yang diterapkan agar
tujuan atau kompetensi dari hasil belajar yang diharapkan akan cepat dapat
tercapai dengan lebih efektif dan efisien. Model pembelajaran CTL merupakan
model pembelajaran yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan
situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan
yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Model pembelajaran dengan CTL mempunyai tujuh komponen,
yaitu: konstruktivisme, menemukan, bertanya, masyarakat belajar, permodelan,
Refleksi, penilaian yang sebenarnya.
Permasalahan dalam
penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIID
SMP N 14 Semarang pada materi pokok lingkaran dengan menggunakan model
pembelajaran CTL.
Tujuan penelitian
ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi lingkaran dengan model pembelajaran
CTL. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII D beserta guru matematika SMPN
14 Semarang tahun pelajaran 2006/2007.
Penelitian ini
dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dan setiap akhir
siklus diadakan evaluasi. Tiap siklus terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, refleksi.
Pelaksanaan penelitian
dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan. Nilai rata-rata hasil belajar siswa
pada siklus I mencapai 76,07 dan ketuntasan hasil belajarnya 80,95%, sedangkan
nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 82,29 dan ketuntasan hasil
belajarnya 92,86%. Keaktifan siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 70,83%
dan pertemuan kedua mencapai 75%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama
adalah 77,08% dan pertemuan kedua adalah 81,25%.
Berdasarkan
hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keaktifan
siswa dalam pembelajaran matematika.
Saran yang disampaikan
adalah hendaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika menggunakan
model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu model pembelajaran adalah model
pembelajaran CTL.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar