UPAYA MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI
RAJEGWESI 02 KECAMATAN PAGERBARANG KABUPATEN TEGAL DALAM MENENTUKAN VOLUM
BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN
ALAT PERAGA KUBUS SATUAN
ABSTRAK
Wadiatmo, 2006, FMIPA,
Upaya Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri
Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam Menentukan Volum
Bangun Ruang Melalui Penggunaan
Alat Peraga Kubus Satuan.
Berdasarkan hasil belajar siswa
dua tahun yang lalu yaitu tahun pelajaran 2003/2004 dan tahun 2004/2005 di SD
Negeri Rajegwesi 02 pada pokok bahasan menentukan volum bangun ruang rata-rata
hasil belajar siswa masih rendah yaitu baru mencapai 5,6 dan 5,9. Hal itu
merupakan masalah bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar pada pokok bahasan
tersebut. Upaya yang dilakukan melalui penggunaan alat peraga kubus satuan
diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar pokok bahasan menentukan volum
bangun ruang. Rumusan masalah yang diajukan dalam skripsi ini berbunyi “Apakah
penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
kelas VI SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan
Pagerbarang Kabupaten Tegal dalam menentukan volum bangun ruang (balok dan kubus)? Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Rajegwesi 02 Kecamatan Pagerbarang
Kabupaten Tegal dalam menentukan volum
bangun ruang (balok dan kubus) melalui penggunaan alat peraga kubus satuan. Manfaat penelitian ini bagi
siswa adalah meningkatnya hasil belajar pokok bahasan menentukan volum bangun
ruang, bagi guru meningkatnya kualitas pembelajaran dan bagi sekolah dapat memberikan
kontribusi yang positif bagi upaya
peningkatan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dengan penelitian
tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama tiga siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI,
indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika rata-rata kelas telah
meperoleh nilai minimal 7,0.
Dari hasil penelitian diperoleh
bahwa hasil belajar siswa pada pokok
bahasan menentukan volum bangun ruang ( balok dan kubus) mencapai rata-rata 6,4
pada siklus I, 6,8 pada siklus II dan
8,5 pada siklus III. Berdasarkan hasil tersebut, disimpukan bahwa penggunaan
alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan
tersebut. Dari hasil pengamatan juga dapat dilihat adanya peningkatan aktivitas
dalam pembelajaran.
Saran, yang dapat disampaikan
kepada guru kelas VI agar menggunakan alat peraga kubus satuan dalam
mengajarkan materi menentukan volum bangun ruang, dan siswa kelas VI diharapkan
berlatih dengan menggunakan alat peraga kubus satuan untuk mengerjakan
soal-soal latihan menentukan volum bangun
ruang sehingga memudahkan dalam menyelesaikan soal tersebut.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar