PENERAPAN STRATEGI CTL DENGAN METODE
COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA
KELAS XI IPA MAN MALANG 1 DALAM BELAJAR
MATA PELAJARAN FIQIH
ABSTRAK
Moch. Choirul
Muslich, 2007. Penerapan Strategi CTL Dengan Metode Cooperative Learning Untuk
Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA MAN Malang 1 Dalam Belajar Mata
Pelajaran Fiqih.
Kata kunci : Strategi CTL dan Metode Cooperative Learning.
Rendahnya
tingkat pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran fiqih seringkali
disebabkan oleh kurang efektifnya sistem atau strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru. Seolah-olah kegiatan belajar mengajar dalam kelas hanya
meliputi datang, duduk, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan
tulis, lalu mengingat atau bahkan mengkopi apa adanya segala informasi yang
dipresentasikan oleh guru.
Untuk
menanggulangi hal tersebut setidaknya telah banyak strategi dan metode
pembelajaran aktif yang ditawarkan. Misalnya dengan menerapkan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperative learning.
Hal ini nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu
pembelajaran di Indonesia pada umumnya,
sebab pada strategi dan metode pembelajaran ini keaktifan serta
kerjasama sama peserta didik dalam memecahkan masalah lebih diutamakan.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik
kelas XI IPA MAN Malang 1 terhadap mata pelajaran fiqih melalui penerapan strategi CTL (contextual teaching and learning) dengan metode cooperarive
learning. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian
tindakan kelas yang mencakup perencanaan, implementasi, pengamatan dan
refleksi.l
Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, penerapan strategi CTL dengan metode cooperative learning terbukti
dapat meningkatkan kualitas hasil
belajar peserta didik terhadap mata pelajaran fiqih kelas XI IPA MAN Malang 1.
Secara kuantitatif hal ini dapat dibuktikan melalui hasil penilaian diskusi
yang menunjukkan bahwa semua kelompok memperoleh nilai yang memuaskan (lulus).
Sedangkan bukti kualitatif dapat dijelaskan dari banyaknya peserta didik yang
menyatakan senang terhadap strategi dan metode pembelajaran ini, hal ini
terwujud dengan tumbuhnya rasa kebersamaan dalam kelompok, suasana kelas
menjadi lebih hidup dan adanya pengalaman baru bagi peserta didik untuk
melakukan analisis sederhana terhadap suatu permasalahan yang sedang timbul di
masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Depdiknas, Pendekatan Kontekstual,
2002
..................Kurikulum
Berbasis Kompetensi Untuk MA, Jakarta. 2002
Ibrahim,
Muslimin Dr, M. Pd dkk, Pembelajaran
Kooperatif. Universitas
Negeri Surabaya. 2000
Muhaimin
Drs, MA dkk, Strategi Belajar Mengajar.
CV. Citra Media. Surabaya. 1996
Nurhadi Dr, M. Pd dkk, Pembelajaran Kontekstual. Univertitas Islam Negeri Malang. 2003
Saputro, S, Strategi Pembelajaran. Universitas Negeri Malang, 2000.
Zuhairini Prof, Dra dkk, Metodologi Pendidikan Agama Islam. UM Press. Malang. 2004
.....................Metodik Khusus Pendidikan Agama. Usaha
Nasional. Surabaya. 1983
…………….Pedoman Pendidikan Universitas Islam Negeri
Malang Tahun Akademik 2005/2006, Universitas Islam Negeri Malang, 2005.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar