PENINGKATAN
KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MASALAH SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR
PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SUMBERAJI II KECAMATAN KABUH KABUPATEN
JOMBANG
ABSTRAK
Upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial dengan
menggunakan media gambar pada pembelajaran IPS kelas IV SDN Karangpakis I
Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.
Kata-kata kunci : Kemampuan siswa dalam memahami masalah sosial Permasalahan
pendidikan siswa selalu muncul bersamaan dengan berkembang dan meningkatnya kemampuan
siswa serta situasi dan kondisi lingkungan yang ada. Di samping itu masih
diberlakukannya sistem guru kelas di SD dan cara pendekatan konvensional sudah dianggap
tidak efektif serta menimbulkan kejenuhan di dalam kelas. Oleh karenanya guru dituntut
untuk selalu dan terus berupaya memperbaiki pengelolahan pembelajaran.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), merupakan sarana termudah untuk
meneliti, menyempurnakan dan mengevaluasi pengelola pembelajaran. pembelajaran konstruktivistis
dimaksudkan menjadikan kebiasaan guru yang bersifat otoriter menjadi fasilitator
menambah kegiatan pembelajaran ego- involvement menjadi task improvement, sehingga
proses pembelajaran menjadi lebih efektif serta dapat : (a) membangkitkan minat
siswa untuk belajar menemukan sendiri, (b) bekerjasama dengan mengkomunikasikan
hasil belajarnya dan (c) anak semakin aktif serta kooperatif.
Peneliti ini bertujuan mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika,
setelah dilaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media konkrit,
keaktifan dan ketrampilan siswa dapat dimunculkan dalam pembelajaran. Hasil
penelitian pembelajaran dengan menggunakan media konkrit terbukti signifikan (1)
meningkatkan prestasi belajar (2) peningkatan aktivitas siswa, (3) pemunculan
keterampilan siswa dalam pembelajaran
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar