MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS
SEJARAH
MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN
PENDEKATAN INDUKTIF
PADA SISWA KELAS X-2 SMA NEGERI
101 JAKARTA
SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2007/2008
ABSTRAK
Meningkatkan Hasil Belajar IPS
Sejarah Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Induktif Pada Siswa Kelas X-2
SMA Negeri 101 Jakarta
Pembelajaran
sejarah dengan menerapkan Pembelajaran dengan pendekatan induktif pada mata pelajaran sejarah dilatar belakangi
oleh permasalahan di kelas, bahwa guru kurang memiliki kemampuan penggunaan
metode, strategi, serta pendekatan pembelajaran yang bervariatif. mengajar yang
digunakan guru cenderung bersifat konvensional, monoton, dan berpusat pada guru.
Selain itu guru kurang mengembangkan model pembelajaran secara lebih menarik,
pembelajaran sejarah yang dilakukan kurang efektif. Di sisi lain faktor
motivasi dan hasil belajar siswa yang kurang dalam belajar sejarah.
Alasan peneliti
menerapkan model pembelajaran induktif untuk
mengatasi rendahnya nilai sejarah pada siswa kelas IX-2, selain itu untuk memberi
kesempatan yang baik bagi siswa untuk mengungkapkan pendapat secara lebih terbuka
dan siswa mendapat kesempatan yang sama untuk mendapatkan skor terbaik.
Jenis penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas karena dilaksanakan tujuan
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa di dalam kelas. Oleh karena itu
ini lebih dikenal dengan istilah Classroom Action Research. Penelitian ini diterapkan
di kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta. Data yang diperoleh dari kelas X-2 ini dan
dianalisis tingkat permasalahannya agar kondisi yang terjadi pada kelas ini bisa lebih baik dibandingkan dengan
kondisi sebelumnya.
Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan
pembelajaran dengan pendekatan induktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran sejarah di kelas X-2 SMA Negeri 101 Jakarta. Peningkatan
rata-rata hasil belajar sebesar 11,0 yaitu dari 58,08 pada siklus I meningkat
menjadi 60,10 pada siklus II, sedangkan untuk ketuntasan belajar terjadi
peningkatan sebesar 33,34% yaitu dari 51,28% (siklus I) meningkat menjadi
84,62% (siklus II).
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar