|
|
SEKOLAH DASAR
NEGERI GEDANGAN 01
KECAMATAN GROGOL
KABUPATEN
SUKOHARJO
|
|
Sugiyanto. NIM
0550801375. Penerapan Pendekatan
Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri
Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Skripsi: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
2008.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk
mendeskripsikan sistematika pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01
Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor
penghambat pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten
Sukoharjo, dan 3) untuk mendeskripsikan cara yang efektif dalam memberikan
solusi terhadap kendala-kendala yang muncul dalam pelaksanaan pendekatan
komunikatif pada pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Sekolah Dasar Negeri
Gedangan 01 Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo.
Metode yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif artinya data yang
dihimpun disusun secara sistematis kemudian diinterprestasikan, dianalisa
sehingga dapat menjelaskan pengertian dan pemahaman tentang gejala yang
diteliti. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan individu, dan
dokumentasi. Untuk menguji validitas dan reliabilitas data, digunakan
teknik triangulasi yaitu dengan membandingkan dan mengecek balik derajat
kepercayaan informasi yang diperoleh dengan membandingkannya terhadap informasi
dari sumber lain. Teknik analisis data dilakukan melalui empat komponen pokok yaitu,pengumpulan data, reduksi data, sajian
data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah
diketahuinya pelaksanaan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia kelas II Sekolah Dasar Negeri Gedangan 01 dilaksanakan dengan
sistematika sebagai berikut:a)menyampaikan pembelajaran melalui bacaan,b)menyampaikan pembelajaran tentang mengintepretasikan atau menerjemahkan
sistem komunikasi dalam karya sastra,c)menyampaikan pembelajaran membuat suatu
cerita, pertanyaan dan jawaban,d)memberikan pembelajaran deklamasi untuk
melatih siswa berekspresi dalam berkomunikasi,e)memberikan pembelajaran
gramatika secara terpadu atau terintegrasi dalam media komunikasi seperti
bacaan,maupun dalam kegiatan bertanya-jawab dan membuat suatu ceritera,f)melakukan observasi, baik melalui ulangan maupun melalui pengamatan
kualitiatif,g)melakukan refleksi secara informal untuk mengevaluasi dan menyempurnakan
pelaksanaan pembelajaran pada tahap berikutnya. Adapun kendala yang
muncul meliputi kondisi verbal siswa, kondisi psikis siswa, kendala teknis, kemampuan visual siswa,dan
kendala eksternal. Selanjutnya solusi yang
diberikan adalah dengan mengenalkan siswa pada teks baik bacaan dan puisi yang
tingkat kesulitannya meningkat secara bertahap, pemberian motivasi atau
dorongan untuk memberikan semangat pada siswa, dilakukan pembelajaran
intepretasi gambar ilustratif secara perlahan, dan melibatkan orang tua siswa
untuk membantu menyiapkan bahan-bahan untuk pembelajaran di sekolah.
'Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar