LAPORAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )
UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR
GEOGRAFI MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN GROUP
INVESTIGATION
Kelas XI IPS SMA MUHAMMADIYAH II
MOJOSARI – MOJOKERTO
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Sampai sekarang pendidikan
kita masih didominasi oleh pandangan bahwa pengetahuan sebagai perangkat
fakta-fakta yang harus dihafal. Kelas masih berfokus pada guru sebagai sumber
utama pengetahuan, kemudian ceramah menjadi pilihan utama strategi belajar.
Untuk itu diperlukan sebuah
strategi belajar baru yang lebih memberdayakan siswa. Sebuah strategi belajar
yang tidak mengharuskan siswa menghafal fakta-fakta, tetapi sebuah strategi
yang mendorong siswa mengkontruksikan di benak mereka sendiri.
Dalam proses belajar, anak
belajar dari pengalaman sendiri, mengkonstruksi pengetahuan kemudian memberi
makna pada pengetahuan itu.
Melalui proses belajar yang
mengalami sendiri, menemukan sendiri, secara berkelompok seperti bermain, maka
anak menjadi senang, sehingga tumbuhlah minat untuk belajar, khususnya belajar
Geografi.
1.2
Rumusan Masalah
Apakah model pembelajaran
group Investigation ( menemukan secara berkelompok ) dapat meningkatkan minat
belajar Geografi bagi siswa ?
1.3
Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai
dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah agar siswa meningkatkan
minatnya dalam belajar Geografi; sehingga siswa memperoleh pengetahuan,
ketrampilan dan perubahan sikap yang positif.
1.4
Manfaat Dan Hasil Penelitian
1.4.1
Siswa : Siswa
termotivasi sehingga senang belajar Geografi dan dapat memperoleh pengalaman
belajar.
1.4.2
Guru : Dapat menambah
wawasan tentang strategi pembelajaran.
1.4.3
Sekolah : Untuk
meningkatkan mutu pendidikan di sekolah
1.4.4
Pengembangan
Kurikulum : Merupakan upaya penyempurnaan Kurikulum
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar