UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII F SMP
NEGERI 1 BOJONG KABUPATEN TEGAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE
LEARNING TYPE JIGSAW II
DALAM POKOK BAHASAN PERSAMAAN
LINEAR SATU VARIABEL
ABSTRAK
Sulistyowati, 4101906170, “Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong Kabupaten
Tegal melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Jigsaw II dalam
Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel” Skripsi, Semarang, FMIPA Pogram
Studi Pendidiksn Matematika, UNNES.
Ketuntasan belajar pada mata pelajaran matematika
masih rendah, terutama pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Hal
ini dibuktikan dengan melihat data pada tahun pelajaran 2005/2006 dan diperkuat
dari hasil wawancara dengan siswa. Kurangnya keterlibatan siswa dalam proses
KBM, rendahnya tingkat ekonomi, dan proses KBM yang tidak dilaksanakan
sebagaimana mestinya menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan akan
meningkatkan mutu pembelajaran matematika pada umumnya dan khususnya akan
meningkatkan hasil belajar siswa VII F terutama di SMP Negeri 1 Bojong.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini
adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe
Jigsaw II dapat meningkatakan hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri
1 Bojong pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel tahun pelajaran
2005/2006?
Dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan
hasil belajar siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bojong. Penilitian ini juga
diharapkan agar ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan persamaan linier
satu variabel dapat tercapai. Metode yang dilaksanakan dalam penelitian ini
terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan,
pengamatan dan refleksi.
Dari hasil perhitungan diperoleh ketuntasan belajar
siswa pada pokok bahasan persamaan linier satu variabel adalah meningkat. Hal
ini terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar dari 65,85% menjadi 75,61% dan
meningkat lagi menjadi 85,37%.
Adapun
kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative
Learning tipe Jigsaw II perlu dilaksanakan dalam pelajaran
matematika khususnya pokok bahasan persamaan linier satu variabel. Hal ini
karena berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pokok bahasan
persamaan linier satu variabel yang diterapkan pada kelas VII F SMP Negeri 1
Bojong dapat meningkat
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar