Rabu, 02 Januari 2013

PD 658- SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM


SURVEI SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM
PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI
SMA NEGERI SE-KABUPATEN DEMAK
TAHUN AJARAN 2005/2006

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Alasan Pemilihan Judul
Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecerdasan, keterampilan dan mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air agar dapat membangun dirinya serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Pendidikan Jasmani dan olahraga perlu semakin ditingkatkan dan di masyarakatkan sebagai cara pembinaan kesehatan jasmani dan rohani bagi setiap anggota masyarakat. Selanjutnya perlu ditingkatkan usaha-usaha pembinaan dan peningkatan prestasi dalam berbagai cabang olahraga. Untuk itu perlu ditingkatkan kemampuian sarana dan prasarana pendidikan jasmani dan olahraga termasuk para pendidik, pelatih dan penggeraknya dan digalakkan gerakan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat (Kamal Johana, Supandi, 1990 : 9).
Selama ini perkembangan olahraga semakin pesat bahkan sudah memasyarakat, sehingga sebagian masyarakat telah memandang olahraga sudah menjadi bagian dalam hidupnya, bahwa mekakukan olahraga merupakan suatu yang sama pentingnya dengan kebutuhan lainnya. Sudah sewajarnya apabila kebutuhan sarana dan prasarana perlu ada dan ditingkatkan supaya dapat melakukan kegiatan olahraga perlu didasari bahwa sarana dan prasarana sangat dibutuhkan dalam melakukan olahraga, karena tanpa sarana dan prasarana olahraga tidak dapat berkembang sesuai dengan perkembangan olahraga di Negara lain.
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diharapkan mampu memecahkan berbagai persoalan Bangsa, khususnya dalam bidang pendidikan dengan mempersiapkan peserta didik melalui pelaksanaan dan evaluasi terhadap system pendidikan secara efektif, efisien dan berhasil guna. KBK dikembangkan untuk memberikan ketrampilan dan keahlian bertahan hidup dalam perubahan. KBK ditujukan untuk menciptakan tamatan yang kompeten dan cerdas dalam memberikan dasar-dasar pengetahuan keterampilan.
KBK memudahkan guru dalam menyajikan pengalaman belajar yang sejalan dengan prinsip belajar sepanjang hayat yang mengacu pada empat pilar pendidikan universal yaitu belajar mengetahui, belajar menjadi diri sendiri dan belajar hidup dalam kebersamaan.
Pendidikan jasmani merupakan bagian dari pendidikan (secara umum) yang berlangsung melalui aktifitas yang melibatkan mekanisme gerak tubuh manusia dan menghasilkan pola-pola prilaku individu yang bersangkutan. Pendidikan jasmani menurut Soepartono (2000 : 1) merupakan pendidikan yang menggunakan aktifitas sebagai media utama untuk mencapai tujuan. Adapun tujuan pendidikan jasmani pada Sekolah Menengah Atas (SMA) menurut Depdiknas (2004 : 6) adalah : 1) Meletakkan landasan karakter yang kuat melalui internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani, 2) Menumbuhkan kemampuan berfikir kritis melalui tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani, 3) Mengembangkan sikap sportif, disiplin, bertanggung jawab, kerjasama, percaya diri dan demokratis melalui aktifitas jasmani, 4) Mengembangkan keterampilan gerak dan keterampilan teknik serta strategi berbagai permainan dan olahraga, 5) Mengembangkan keterampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain, 6) Mengetahui dan memahami konsep aktivitas jasmani sebagai informasi untuk mencapai kesehatan, kebugaran dan pola hidup sehat dan 7) Mampu mengisi waktu luang dengan aktivitas jasmani yang bersifat rekreatif.
Berhasil dan tidaknya proses belajar mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan ditentukan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan factor eksternal. Faktor internal yaitu guru dan sarana dan prasarana Pendidikan Jasmani sebagai alat untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar Sekolah. Faktor eksternal yaitu meliputi faktor keluarga, faktor lingkungan dan faktor masyarakat Sarana dan prasarana pendidikan jasmani merupakan faktor penting dalam suksesnya pembelajaran pendidikan jasmani, sehingga peneliti ingin meneliti sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam pelaksanaan KBK di SMA Negeri se-Kabupaten Demak.
Menurut Abror Hisyam (1991:2), faktor yang mempengaruhi perkembangan sarana dan prasarana yaitu : 1). Pertambahan jumlah penduduk, 2). Makin meluasnya daerah kota-kota, 3). Meningkatnya kesadaran masyarakat akan arti dan pentingnya olahraga, 4). Mobilitas tranportasi meningkat, 5). Berkurangnya lapangan terbuka, 6). Meningkatnya mekanisme

DAFTAR PUSTAKA

Abror Hisyam, 1991. Sarana dan prasarana olahraga. Semarang : IKIP Semarang

Charles A. Bucher, 1967. Administration of School and College Health and Physycal Education Programs Saint Louis : The C,V Mosby Company

Ali Muhammad, 1993. Penelitian Kependidikan dan Strategi. Bandung : Angkasa

Mulyasa, 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : Penerbit Remaja Rosdakarya

Nadisah. Mattew, 1992. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta : Depdikbud.

Rektor Universitas Negeri Semarang, 2002. Pedoman Penyusunan Skripsi Mahasiswa Program Strata 1 FIK UNNES. Semarang

Rusli Lutan dan Sumardianto, 2000. Filsafat Olahraga. Jakarta : Departemen Pendidikan Jasmani

Soepartono, 2000. Sarana dan Prasarana Olahraga. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Suharsimi Arikunto, 2002 Prosedur Penelitian Suiatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta

Sudjana, 1989. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung : Penerbit Sinar Baru

Sutrisno Hadi, 2004. Metodologi Research Jilid I. Yogyakarta : Andi Offset

W.J.S Poerwodarminto, 1976. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : : Penerbit Balai Pustaka




Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700


0 komentar:

Posting Komentar