UPAYA
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA
KELAS 3F SMP NEGERI 2 ADIWERNA
KABUPATEN
TEGAL DALAM POKOK BAHASAN
OPERASI
PADA BENTUK ALJABAR
MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN
COOPERATIVE
LEARNING
TIPE
JIGSAW
ABSTRAK
Kualitas pendidikan dapat
ditingkatkan melalui salah satu alternative pemanfaatan penelitian tindakan
kelas (PTK), karena tujuan PTK adalah untuk perbaikan dan peningkatan
profesional guru dalam menangani proses pembelajaran.
Oleh karena itu diperlukan suatu
upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Cooperative
Learning tipe Jigsaw.
Penelitian ini berjudul “Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3F SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal
dalam Pokok Bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Cooperative
Learning Tipe Jigsaw” Berdasarkan pengamatan dan pengalaman guru
pengajar matematika di SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam pokok
bahasan operasi pada bentuk aljabar nilai rata-rata ulangan mereka baru mencapai
5,3 dan ketuntasan belajar mencapai 50%. Berdasarkan hal tersebut muncul
permasalahan bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa dalam pokok
bahasan operasi pada bentuk ljabar, agar memperoleh hasil yang lebih baik.
Penelitian tindakan kelas ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas 3F SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal dalam pokok
bahasan operasi pada bentuk aljabar, untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
dan memperoleh cara yang tepat serta cara yang efektif dalam menerapkan model
pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw.
Metode penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, serta analisis dan refleksi.
Tindakan penelitian dalam siklus dilakukan dengan model pembelajaran cooperative
learning tipe jigsaw dan diakhiri dengan pemberian tes formatif
setiap akhir siklus. Tolok ukur keberhasilan penelitian tindakan ini apabila hasil
belajar siswa rata-rata mencapai minimal 6,5 dan secara klasikal apabila hasil ketuntasan
belajar siswa mencapai minimal 85%.
Hasil yang diperoleh setelah
dilakukan tindakan kelas dalam pokok bahasan operasi pada bentuk aljabar
melalui model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw untuk
kelas 3F meningkat hasil belajarnya, dan rata-rata nilai kelas mencapai 7,02,
dengan persentase ketuntasan belajar pada siklus I hanya mencapai 66%, sehingga
perlu tindakan perbaikan pada siklus II. Berdasarkan pengamatan terjadi peningkatan
hasil belajar pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas 7,34 dengan persentase
ketuntasan belajar mencapai 76%. Hasil ini perlu perbaikan lagi pada siklus III
yaitu dengan perolehan nilai rata-rata kelas 7,70 dengan persentase ketuntasan
belajar 91%. Hasil ini telah dianggap cukup karena sudah memenuhi tolok ukur
yang ditentukan yaitu mencapai rata-rata minimal 6,5 dengan ketuntasan belajar klasikal
85%.
Berdasarkan hasil penelitian ini,
maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran cooperative learning
tipe jigsaw hasil belajar siswa kelas 3F dalam pokok bahasan operasi
pada bentuk aljabar meningkat. Oleh karena itu disarankan agar guru sebaiknya
menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw sebagai
alternatif dalam pokok bahasan operasi pada bentuk aljabar.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar