UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR
BIOLOGI PADA MATERI
KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF KELOMPOK BELAJAR
MODEL JIGSAW SISWA
KELAS X-2 SMA NEGERI 4 MADIUN
SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN
HASIL BELAJAR BIOLOGI
PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
DENGAN METODE PEMBELAJARAN
KOOPERATIF
KELOMPOK BELAJAR MODEL JIGSAW SISWA
KELAS X-2 SMA
NEGERI 4 MADIUN SEMESTER II
TAHUN PELAJARAN
2007/2008
Oleh :
Drs. DWI YULTRA
BIMANTARA
NIP: 131 658 361
( Guru Biologi SMA Negeri 4 Madiun )
Tujuan Penelitian ini
adalah: 1. Melalui metode eksperimen dapat menumbuhkan minat belajar Biologi Materi
Keanekaragaman Hayati pada siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester
I Tahun Pelajaran 2008/2009; 2. Melalui metode eksperimen dapat meningkatkan
prestasi belajar Biologi Materi Keanekaragaman Hayati pada siswa Kelas
X-2 SMA Negeri 4 Madiun Semester I Tahun Pelajaran 2008/2009.
Penelitian ini mengambil lokasi
di SMA Negeri 4 Madiun. Penelitian ini dilaksanakan pada 21 Agustus 2008 sampai
dengan 21 Oktober 2008. Subyek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa
Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun Tahun Pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 39
siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan menggunakan analisis diskripsi kualitatif. Prosedur penelitian dengan
menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus.
Hasil dari Penelitian Tindakan
Kelas ini adalah: Hasil penelitian: Pra siklus: Penguasaan materi Biologi
sebelum diadakan perbaikan pembelajaran (pra siklus) dan siswa yang tuntas
dalam pembelajaran adalah 15 dari 39 siswa atau 32% dan yang tidak tuntas
adalah 18 dari 29 siswa atau 62%; Pada siklus I siswa yang tuntas dalam
pembelajaran adalah 28 dari 39 siswa atau 72% dan yang tidak tuntas adalah 11
dari 39 siswa atau 28%; Pada Siklus II, Siswa yang tuntas dalam pembelajaran
sebanyak 37 dari 39 siswa atau 95% dan yang tidak tuntas adalah 2 dari 39 siswa
atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian Siklus I dan Siklus II, maka hipotesis penelitian
yang mengatakan bahwa, “Penerapan metode belajar kelompok kooperatif model
jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Biologi pada materi Keanekaragaman
Hayati siswa Kelas X-2 SMA Negeri 4 Madiun, Semester II Tahun Pelajaran
2007/2008 ”, terbukti kebenarannya.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar