INOVASI PEMBELAJARAN
ILMU PENGETAHUAN ALAM SEKITAR (IPAS)
POKOK BAHASAN KIMIA LINGKUNGAN MELALUI PEMBUATAN FILM TENTANG PENCEMARAN
LINGKUNGAN SEKITAR
ABSTRAK
Lingkungan
hidup di Indonesia masih merupakan
masalah yang krusial. Hal ini dapat kita saksikan setiap hari seperti kegiatan
dan perilaku masyarakat dan industri yang menghasilkan sampah, limbah cair, dan
emisi terhadap lingkungan. Alternatif
penyelesaian permasalahan tersebut adalah melalui pendidikan dan
pembinaan pada pendidikan formal (pendidikan dasar, menengah, dan tinggi), non
formal (lingkungan masyarakat), dan informal (rumah tangga) yang melibatkan
unsur pusat dan daerah. Menangani pendidikan dan pembinaan pada ketiga bentuk
pendidikan tersebut memerlukan kebijakan, program dan pendanaan, partisipasi
dan kerjasama semua pihak untuk
menyelesaikan masalah lingkungan di Indonesia.
Pendidikan Lingkungan Hidup
adalah suatu mata pelajaran yang ada di dalam kurikulum Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) Negeri 8 Semarang dan terintegrasi dalam mata pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Sekitar. Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar
(IPAS) di dalamnya terdapat pokok bahasan Kimia Lingkungan. Pokok bahasan Kimia
Lingkungan ini diberikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan sikap
peserta didik dalam menjaga lingkungan hidup
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film tentang pencemaran lingkungan sekitar dapat meningkatkan minat siswa terhadap
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia
lingkungan. Dapat dilihat dari skor rata-rata minat siswa terhadap pembelajaran
Ilmu Pengetahuan Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan sebesar
28,78 berarti lebih besar dari skor pada
kriteria keberhasilan minat siswa terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan yaitu 25.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film tentang pencemaran lingkungan sekitar dapat meningkatkan kepedulian siswa terhadap
lingkungan. Dapat dilihat dari skor rata-rata kepedulian siswa terhadap
lingkungan sebesar 29,47 berarti lebih besar dari skor pada kriteria kepedulian siswa terhadap lingkungan yaitu 25.
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan kimia lingkungan dengan membuat film tentang pencemaran lingkungan sekitar dapat
meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Dapat dilihat dari skor
rata-rata keaktifan siswa sebesar 29,79 berarti lebih besar dari skor pada kriteria keberhasilan performans (unjuk
kerja) siswa yaitu 25.
Inovasi pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Alam Sekitar (IPAS) pokok bahasan Kimia Lingkungan melalui pembuatan film tentang
pencemaran lingkungan sekitar dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata ulangan harian
dari sebelumnya 5,81 menjadi 7,98, sehingga ada peningkatan 2,17.
Siswa yang mendapat nilai ≥
6,5 sebanyak 84,38 %. atau lebih dari 80%. Jadi penelitian ini berhasil karena
melewati batas kriteria keberhasilan yaitu 80%.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar