KESIAPAN GURU MATEMATIKA
DALAM IMPLEMENTASI
KURIKULUM TINGKAT SATUAN
PENDIDIKAN DI SMP NEGERI 1
PRACIMANTORO
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Perkembangan
IPTEK banyak memberi dampak pada kehidupan kita, baik itu dampak positif maupun
dampak negatif. Di satu sisi, perkembangan IPTEK memungkinkan kita untuk
memperoleh banyak informasi dengan mudah, cepat dan akurat. Di sisi lain, kita
tidak mungkin untuk menyerap informasi tersebut secara keseluruhan karena
terkadang ada informasi yang tidak kita perlukan, untuk itu diperlukan
kemampuan untuk memilih dan mengelola informasi yang ada. Untuk mengatasi hal tersebut
diperlukan sumber daya manusia yang handal, mampu berkompetensi, memiliki
pemikiran kritis dan kreatif serta didukung dengan kualitas pendidikan yang
baik. Peningkatan kualitas pendidikan merupakan masalah yang harus diselesaikan
secara bertahap dan berkesinambungan. Peningkatan tersebut akan berhasil jika proses
belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien.
Salah satu
upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan ialah dengan cara
pengembangan kurikulum, di mana kurikulum memiliki kedudukan yang sangat
penting dalam pendidikan. Kurikulum merupakan suatu perangkat dalam
pembelajaran yang digunakan sebagai
penunjang keberhasilan tujuan sekolah, sebagaimana pendapat Sukmadinata
(2002:4) yang mengemukakan bahwa kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam
seluruh proses pendidikan di sekolah, kurikulum mengarahkan segala bentuk
aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan.
Sebagai upaya
pengembangan kurikulum, pemerintah berusaha melakukan penyempurnaan kurikulum.
Kurikulum yang dilaksanakan tahun 2006 adalah kurikulum 2006 atau lebih dikenal
dengan istilah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Adapun pertimbangan pemerintah
menerapkan kurikulum 2006 adalah agar potensi tiap-tiap sekolah dapat
ditonjolkan karena KTSP memberi hak penuh pada sekolah untuk menentukan sendiri
kurikulumnya sehingga tercipta kompetensi
antar sekolah. Meski sekolah memiliki kewenangan luas, acuan tetap pada BNSP
sesuai standar isi dan kompetensi lulusannya. Proses implementasi Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan ternyata tidaklah mudah, karena banyak unsur yang
terkait dan saling berpengaruh. Salah satu unsur tersebut adalah guru. Dalam
proses belajar mengajar, guru mempunyai peranan yang sangat penting yakni
sebagai pelaku utama dalam KTSP. Dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan,
sekolah
dituntut mampu menyiapkan tenaga guru yang handal, professional dan kompetitif.
Siswa juga dituntut aktif dalam pembelajaran untuk mencapai kompetensi dan
tujuan pembelajaran. KTSP merupakan strategi pengembangan kurikulum untuk mewujudkan
sekolah yang efektif, produktif dan berprestasi. KTSP merupakan paradigma baru
pengembangan kurikulum yang memberikan otonomi luas pada setiap satuan
pendidikan, dan pelibatan masyarakat dalam rangka mengefektifkan proses belajar
mengajar di sekolah. Otonomi diberikan agar setiap satuan pendidikan dan
sekolah memiliki keleluasaan dalam mengelola sumber daya, sumber dana, sumber
belajar dan mengalokasikannya sesuai prioritas kebutuhan serta lebih tanggap
dengan kebutuhan setempat.
Namun
tuntutan tersebut saat ini belum dapat terlaksana dengan sepenuhnya karena
adanya kendala-kendala tertentu. Dalam rangka untuk mengatasi kendala-kendala
tersebut, maka sekolah sebagai tempat berlangsungnya proses implementasi kurikulum
perlu berupaya untuk melakukan tindakan-tindakan kesiapan berkenaan dengan akan
diterapkannya KTSP.
Menurut
Susilo (2004:42) ada dua pokok yang perlu disiapkan oleh pihak sekolah, yaitu
mencakup kesiapan materiil dan non materiil. Kesiapan materiil dapat berupa
kesiapan sekolah berkenaan dengan materi yang sifatnya kebendaan seperti
perangkat kurikulum, sarana dan prasarana sekolah (laboratorium, ruang kelas,
perpustakaan, dan lain- lain), unsur keuangan, dan unsur lingkungan sekolah,
sedangkan kesiapan non materiil dapat berupa tenaga kependidikan yang handal
dan profesional.
B.
Fokus Permasalahan dan Pertanyaan Penelitian
Penelitian
ini difokuskan pada bagaimana kesiapan guru matematika dalam implementasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Fokus permasalahan ini dirinci menjadi
tiga pertanyaan penelitian yaitu.
DAFTAR PUSTAKA
Ambarsari, Dewi. 2004. Implementasi Kurikulum
Berbasis Kompetensi Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas 1 Semester I
SMP N 1 Klaten. Skripsi UMS: Tidak diterbitkan.
Daryanto. 2001. Evaluasi Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Drs. Mujiono. 1999. Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ihwana, Farichatul. 2004. Implementasi
Kurikulum Berbasis Kompetensi Pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri
Ngadirejo 1. Skripsi UMS: Tidak diterbitkan.
Marlina, Eni.. 2006. Budaya Belajar Matematika
Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMP N 7 Purwodadi Tahun Ajaran 2005/2006.
Skripsi UMS: Tidak diterbitkan.
Moloeng, Lexy. J. 2002. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah,
Konsep Strategi dan Implikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses
Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Asih. 2005. Kesiapan Guru dalam Implementasi
Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA Negeri 1 Boyolali. Skripsi UMS: Tidak
diterbitkan.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi.
Bandung: Alvabeta.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek . Jakarta: Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2001. Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode
Observasi dan Prosedur Pelaksanaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suryosubroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar
di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susilo, Muhammad Joko. 2004. Kesiapan Sekolah
dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Studi Kasus di SMU N 1
Klaten). Surakarta: Tesis PPs-UMS.
Uzer Usman, Moh. 2006. Menjadi Guru
Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Untuk
mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi
: 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar