MENINGKATKAN KETERAMPILAN
SISWA KELAS IV
SD NEGERI WONOROTO DALAM
MELAKUKAN OPERASI
PERKALIAN BILANGAN CACAH DI
BAWAH 100.000
MELALUI ALAT BANTU KARTU
BILANGAN
ABSTRAK
Penelitian
ini berjudul “Meningkatkan Keterampilan Siswa Kelas IV SD Negeri Wonoroto Dalam
Melakukan Operasi Perkalian Bilangan Cacah di Bawah 100.000 Melalui Alat Bantu
Kartu Bilangan”.
Pemilihan
judul ini atas dasar alasan bahwa keterampilan siswa dalam belajar matematika
khususnya perkalian masih minim. Hal ini diselesaikan oleh rendahnya kesadaran
orang tua dalam memotivasi anaknya untuk belajar. Tujuan penelitian tindakan
kelas ini secara umum adalah menciptakan pembelajaran aktif dengan memahami
konsep dasar matematika yang ditandai adanya interaksi antara guru dan murid. Secara
khusus bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas IV SD Negeri
Wonoroto dalam melakukan operasi perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 melalui
alat bantu kartu. Setiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Tahapan dalam
siklus yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil
yang diperoleh setelah dilaksanakan penelitian ini adalah sebagai berikut :
Siklus
I siswa yang tuntas belajar 19 siswa, yang tidak tuntas 6 siswa dengan hasil
nilai rata-rata 8,06 prosentase 70,6 %. Siklus II siswa yang tuntas 21 siswa
yang tidak tuntas 4 siswa, nilai rata-rata ulangan 8,56 dengan prosentase
85,6%.
Hasil
tes sumatif penelitian tindakan kelas diperoleh siswa yang tuntas belajar 20
siswa yang tidak tuntas 5 siswa dengan nilai ratarata dengan 8,56 dengan
prosentase 85,6%.
Simpulan
penelitian tindakan kelas ini adalah dengan melalui penggunaan alat bantu kartu
bilangan, ketrampilan siswa kelas IV SD Negeri Wonoroto dalam melaksanakan
operasi perkalian bilangan cacah di bawah 100.000 dapat ditingkatkan.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar