PENINGKATAN
PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK
(PARTISIPATIF) SISWA KELAS II SD NEGERI
1 PRAMBATAN LOR
KECAMATAN
KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS
TAHUN
PELAJARAN 2004/2005
ABSTRAK
Endang
Sulistiyowati, PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA (MEMBACA) MELALUI
PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPASIF) SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 PRAMBATAN LOR
KECAMATAN KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi,
Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Surakarta, Agustus 2005.
Peningkatan ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan prestasi belajar
bahasa Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipasif) di
kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun
pelajaran 2004/2005.
Pemusan masalah yang diajukan adalah apakah melalui pembelajaran kelomok
(partisipatif) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia (membaca)
di kelas I SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus
tahun pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas,
sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah – langkah
menyusun rencana, mengadakan tindakan, observasi, dan mengadakan refleksi.
Teknik sampling dalam penelitian ini tanpa melakukan seleksi atau peneliti
tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti, sedangkan peneliti
yang diteliti sejumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara,
observasi langsung, dan tes. Analisis data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat
disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa
Indonesia (membaca) melalui pembelajaran kelompok (partisipatif) siswa kelas I
SD Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran
2004/2005.dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui
pembelajaran kelompok (partisipatif)
serta selalu membawa unsure – unsure dalam pembelajaran. Dalam setiap putaran
atau siklus selalu membawa dampak yang positif yatu keraha peningkatan
perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I SD
Negeri I Prambatan Lor, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus tahun pelajaran
2004/2005.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar