MENINGKATKAN
HASIL BELAJAR SISWA
KELAS
VIII A SMP I KALIWUNGU KUDUS
TAHUN
PELAJARAN 2006-2007
DALAM
MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI POKOK
SISTEM
PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL
MELALUI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DENGAN
TUTOR SEBAYA
ABSTRAK
Latar belakang penelitian
tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas VIII
SMP 1 Kaliwungu Kudus masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal pada
Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu
perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tersebut yaitu melalui
implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Dengan demikian muncul
permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya
mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan
soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun
pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV
melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak 40 orang, seorang guru
Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi : hasil belajar
siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus
meliputi 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan
(observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila
sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ 6,0.
Hasil penelitian ini dapat
dilihat dalam tabel sebagai berikut.
Siklus
|
Hasil belajar siswa
|
|
Nilai rata- rata
|
Prosentase
ketuntasan
|
|
I
|
5,7
|
55%
|
II
|
6,57
|
81,08%
|
Dari tabel diatas jelas
menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar belum sesuai harapan yang berarti
indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II hasil belajar sudah
sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.
Berdasarkan analisis hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran kooperatif
dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1
Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada
materi pokok SPLDV. Dengan demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam
proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor
sebaya agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar