UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA KELAS IIIG
SMP NEGERI 1
KETANGGUNGAN BREBES PADA POKOK BAHASAN OPERASI
PADA BENTUK
ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA
DALAM KELOMPOK KECIL
ABSTRAK
Riyono,2006,“ Upaya Meningkatkan hasil Belajar
siswa kelas III G SMP Negeri 1
Ketanggungan Brebes pada pokok Bahasan operasi
pada bentuk aljabar
Melalui model pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok
kecil ”. Alasan pemilihan judul ada lah berdasarkan pengalaman guru kelas IIIG
SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes ,ternyata hasil ulangan untuk pokok bahasan operasi pada bentuk
aljabar setiap tahunnya rata-rata berkisar antara 5,4.
Disamping itu pokok bahasan operasi pada bentuk
aljabar sering muncul dalam tes semester atau Ujian Nasional,s sedangkan pemahaman siswa terh
ada p pokok bahasan ini sangat rendah,maka
masalah tersebut perlu segeradi atasi untuk mengatasi permasalahan
tersebut perlu ada nya penelitian tindakan kelas ,di mana tujuan penelitian ada lah sebagai
berikut .
1. untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIIG SMP Negeri 1 Ketanggungan
Brebes tahun Pelajaran 2005/2006 pada pokok bahasan operasi pada bentuk
aljabar .
2.
untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa kelas IIIG SMP Negeri 1 Ketanggungan
Brebes tahun Pelajaran2005/2006.
3. untuk memperoleh cara yang te
dapat dan efektif dalam menerapkan
model pembelajaran tutorsebaya dalam kelompok
kecil .
ada pun rencana tindakannya
ada lah meng ada kan penelitian di SMP
Negeri 1
Ketanggungan Brebes kelas IIIG
sebanyak 3 siklus,sebelum meng ada kan penelitian tindakan kelas terlebih
dahulu meng ada kan perencanaan sebagai berikut
.
1.
Menyusun rencana pembelajaran
2.
Merancang pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar siswa .
3.
Menentukan kolaborasi
dengan teman sejawat sebagai partner penelitian.
4.
Membuat lembar observasi.
5.
Menyusun evaluasi
untuk mengukur ketuntasan belajar.
Selanjutnya mengenai hasil penelitian tindakan kelas
ada lah sebagai berikut .
1.
Pelaksanaan
pembelajaran tutorsebaya dalam kelompok kecil
ada perubahan dimana pada pertemuan I siswa pasif, pertemuan II
siswa mulai aktif, sedangkan
pertemuan III semua siswa aktif.
2.
Motivasi siswa terh
ada pmateripelajaran pada pertemuan IIIbaik,jika
3. dibandingkandengan pertemuan Idan pertemuan II.
4.
hasil belajar siswa ber hasil sebab pada siklusIII
siswa yang nilainyalebih
dari6,5sebanyak87%,dengannilairata-rata7,48.
Dari hasil penelitian tersebut diatas,maka dapat disimpulkan bahwa melalui model
pembelajaran tutorsebaya dalam kelompok kecil hasil belajar siswa
kelas IIIG SMP Negeri 1
Ketanggungan Brebes pada pokok bahasan operasi pada bentuk
aljabar di dapat di tingkatkan.
Saranke
pada pembaca bahwa dalam penelitian jumlah siswa tiap kelompok
tidak boleh kurang dari 4 dan tidak boleh lebih dari 5 dengan penyebaran menurut
tingkat kecerdasan siswa ,dan guru
selalu memberi bimbingan pada kelompok yang membutuhkan.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar