MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF
MELALUI
KONSELING PEER GROUP PADA SISWA
KELAS X.5
DI SMA NEGERI 56 JAKARTA
ABSTRAK
Riwayati: MENINGKATKAN KONSEP DIRI YANG POSITIF
MELALUI KONSELING PEER GROUP PADA SISWA KELAS X.5 DI SMA NEGERI 56
JAKARTA
Penelitian
ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan yaitu di SMA Negeri 56
Jakarta bahwa banyak siswa menunjukkan perilaku seperti: sangat peka terhadap
kritik, hiperkritis terhadap orang lain, responsif berlebihan terhadap pujian,
kurang mampu mengendalikan emosi, kurang yakin akan kemampuan diri sendiri dan
pesimis terhadap kompetisi. Gejala-gejala tersebut mengidentifkasikan bahwa
siswa kurang memiliki konsep diri yang positif.
Fenomena
di atas mendorong peneliti untuk mengkaji efektifitas konseling peer group
dalam meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah suatu kajian reflektif yang
dilakukan konselor dalam meningkatkan kemampuannya berfikir secara rasional dan
bertindak untuk memperbaiki kualitas bimbingan terhadap siswa sehingga
diperoleh kesimpulan: 1) konseling peer group dalam layanan pribadi
sosial dapat meningkatkan konsep diri yang positif pada siswa sebesar 8,66%
pada siklus I dan meningkat lagi sebesar 11,46% pada siklus II; 2) melalui
konseling peer group, siswa terlatih dan terampil dalam meningkatkan
konsep dirinya yang positif.
Penelitian
ini menghasilkan rekomendasi yang ditujukan pada peneliti selanjutnya untuk
mengkaji efektifitas konseling peer group dengan meneliti variabel yang
sama dengan jumlah sampel yang relatif lebih besar sehingga hasil penelitian
lebih representatif.
Kata Kunci : Konsep diri yang positif,
konseling peer group
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar