MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA
PADA MATA PELAJARAN IPS
MELALUI PEMANFAATAN ALAT
PERAGA
PADA SISWA KELAS V SEMESTER
II TAHUN AJARAN 2008 SDN MERGOSARI 01 KECAMATAN TARIK
KABUPATEN SIDOARJO
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Seiring dengan perubahan paradigma pendidikan yang
berorientasi dari model model pembelajaran yang konvensional kepada model model
pembelajaran yang terbaru maka, guru dituntut unutuk terus menerus melatih diri
untuk menerapkan metode metode tersebut. Penerapan metode membutuhkan
keterampilan khusus yang berawal dari pembiasaan penggunaan metode dalam proses
belajar mengajar. Dengan penggunaan metode yang tepat maka akan dapat dihasilkan
kemampuan siswa yang baik sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Mata Pelajaran IPS yang didominasi oleh aspek kognitif
yang bersifat deskriptif menimbulkan
kesulitan tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru
yang menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi
pelajaran. Hal ini yang terjadi di
sekolah SDN Mergosari 01 kelas V pada mata pelajaran IPS yang secara khusus
pada materi Tokoh tokoh perjuangan pada Zaman Belanda dan Jepang. Secara umum materi yang seperti itu
disampaikan dengan metode ceramah langsung melalui cerita. Hal ini menimbulkan
kejenuhan dan kebosanan pada diri siswa, untuk menghindari proses yang
membosankan maka, perlu dicarikan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi
tersebut.
Dalam
menyelesaikan permasalahan ini maka peneliti sebagai guru bidang studi memilih
metode yang dianggap sesuai yaitu metode alat peraga untuk meningkatkan
kemampuan pemahaman siswa tentang materi pelajaran IPS dengan metode penelitian
tindakan kelas.
B. RUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan
latar belakang di atas maka peneliti membuat rumusan masalah sebagai berikut : Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada
Mata Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester
II Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo ?.
C. TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan
rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Mata
Pelajaran IPS melalui pemanfaatan Alat Peraga Pada Siswa Kelas V Semester II
Tahun Ajaran 2008 SDN Mergosari 01 Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo.
C. MANFAAT PENELITIAN
a. Bagi Kepala Sekolah : Sebagai sarana pembinaan kepada guru guru bidang Sosial
untuk mempertimbangkan penggunaan metode Alat Peraga.
b. Bagi guru
bidang studi Ilmu sosial : Sebagai sarana untuk meningkatkan hasil
proses belajar mengajar bidang studi Sosial.
c. Bagi teman sejawat : Sebagai sarana untuk belajar dalam penelitian
tindakan kelas dengan metode yang
berbeda sehingga memberikan pengetahuan dan wawasan yang lebih luas dalam penelitian
tindakan kelas.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar