OPTIMALISASI MODALITAS VISUAL, AUDITORIAL,
DAN KINESTIK UNTUK MENINGKATKAN READING SKILL BAHASA INGGRIS SISWA KELAS
X SMA NEGERI .....
ABSTRAK
..........., NIP
........ Optimalisasi
Modalitas Visual, Auditorial, dan Kinestik
untuk Meningkatkan Reading Skill Bahasa Inggris Siswa Kelas X SMA Negeri
..... Penelitian Tindakan Kelas. 2009/2010
Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) Mendeskripsikan
langkah-langkah pembelajaran yang mengoptimalkan modalitas visual, auditorial,
dan kinestik untuk meningkatkan reading
skill siswa kelas X; (2) Mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar
bahasa Inggris terkait dengan reading
skill.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan metode
analisis kualitatif. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal tahun
pelajaran 2009/2010 di kels X SMA Negeri .....
Hasil penelitian adalah: (1) Pelaksanaan
pembelajaran yang mengoptimalisasikan modalitan V-A-K untuk materi reading dilakukan dengan: (a) Optimalisasi
viasual: penggunaan warna-warna pada kata-kata sulit dalam text di papan tulis
dan penugasan penggunaan warna pada siswa, penggunaan warna-warna untuk
memahami tata bahasa kalimat dalam text, penggunaan gambar atau simbol dan peta
kalimat untuk memahami pola kalimat dalam text maupun membantu memahami
kata-kata sulit, dan penggunaan diagram waktu untuk mempermudah memahami
perubahan kata kerja pada waktu lampau dan kata kerja dasarnya, (b) Perbaikan proses
pembelajaran kinestik dilakukan dnegan menggunakan ilustrasi gerakan tangan,
badan, sentuhan pada kata atau benda untuk membantu memhami dan mengingat makna
kata sulit ataupun pola kalimat, memberikan kesempatan siswa untuk belajar
mengingat dan memahami makna text maupun pola kalimat dengan deminstrasi, dan
menggunakan kalimat-kalimat action yang berasosiasi dengan kata-kata sulit
ataupun untuk membedakan pola kalimat, (c) Perbaikan pembelajaran auditorial
dilakukan dengan memberikan penekanan-penekna pada S-P-O-K dan memberi
kesempatan siswa bersikusi mengemukakan pendapat dan mempertahankan pendapat,
memberikan suara-suara audio yang berasosiasi dengan kata maupun pola kalimat
dalam text, dan memberikan kesempatan siswa untuk berbicara dalam memahami dan
mengingat materi. Terjadinya peningkatan proses pembelajaran yang
mengoptimalkan modalitas V-A-K diikuti dengan peningkatan prestasi belajar
siswa dari pra pelaksanaan penelitin sampai pada siklus II; (2) Optimalisasi
modalitas V-A-K dalam pembelajaran reading mampu meningkatkan prestasi belajar
reading siswa kelas X SMA Negeri ....., dengan peningkatan nilai rata rata dari pra penelitian tindakan
yang hanya hanya 6,8 meningkat menjadi 7,4 pada siklus I, dan meningkat lagi
menjadi 7,9 pada siklus II, dimana nilai rata-rata pada siklu II sudah lebih
tingi dari KKM yang ditetapkan.
Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar