LAPORAN AKHIR
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
FORUM ILMIAH PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
LEMBAGA PENJAMIN MUTU PENDIDIKAN (LPMP)
JAWA TENGAH
ABSTRAK
Mata pelajaran kimia di kelas
X semester 1 merupakan mata pelajaran yang masih baru bagi siswa, sebab mereka
baru mendapatkan materi kimia secara utuh di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).
Hal ini tidak menutup kemungkinan akan adanya kesulitan bagi mereka dalam
mengikuti pembelajarannya. Dari pengalaman mengajar selama ini, kami melihat
bahwa siswa banyak menemui kesulitan dalam belajar kimia mulai dari materi
paling dasar yaitu pengenalan unsur terutama adalah lambang unsur. Padahal
materi ini harus benar-benar dikuasai siswa untuk belajar materi kimia
selanjutnya. Perumusan masalah yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah :
Apakah Pembelajaran Kimia Melalui Kartu Domino Unsur dapat meningkatkan hasil belajar Kimia Pokok
Bahasan Lambang Unsur siswa Kelas X Mekanik Perkakas 2 Semester I SMK Negeri 4
Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan kartu
domino unsur dapat meningkatkan hasil belajar Kimia Pokok Bahasan Lambang Unsur
Siswa Kelas X Mekanik Perkakas 2 Semester I SMK Negeri 4 Semarang?
Penelitian
ini terdiri dari 2 siklus, yang masing – masing siklus terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan menggunakan media kartu domino unsur. Penelitian ini
dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2006 sampai dengan 29 Agustus 2006, karena
mengikuti kurikulum dimana materi lambang unsur diberikan pada kelas X semester
pertama. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MP 2 SMK
Negeri 4 Semarang.
Analisis dilakukan dengan
menentukan prosentase sesudah menggunakan media, kemudian dibandingkan dengan
prosentase pengamatan keaktifan siswa sebelum menggunakan media kartu domino
unsur. Prosentase pengamatan keaktifan
siswa sebelum menggunakan kartu domino unsur adalah 47 %, sedangkan prosentase
pengamatan keaktifan siswa setelah menggunakan kartu domino unsur adalah 100 %.
Dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 53 %.
Sedangkan untuk menilai
ketertarikan siswa terhadap penggunaan media kartu domino unsur dilakukan
dengan memberikan lembar kuisioner. Dari hasil kuisioner yang diberikan pada
siswa didapatkan data sebelum menggunakan Media Kartu Domino Unsur sebesar 51,88
% dan setelah menggunakan Media Kartu Domino Unsur sebesar 76,88 %. Dengan demikian terjadi
peningkatan ketertarikan siswa terhadap penggunaan media kartu domino unsur
sebesar 25 %.
Untuk skor rata-rata hasil
belajar sebelum menggunakan kartu domino unsur adalah 4,88 sedangkan skor
rata-rata hasil belajar setelah menggunakan kartu domino unsur adalah 6,88
untuk siklus 1, dan 7,42 untuk siklus 2.. Dengan demikian terjadi peningkatan
sebesar 2,54 dibandingkan dengan nilai rata-rata sebelum menggunakan media
kartu domino unsur. Dengan hasil ini berarti pelajaran dapat dilanjutkan ke
materi selanjutnya yaitu persamaan reaksi.
Untuk mendapatkan file skripsi / Thesis / PTK / PTS
lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081
567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar