UPAYA MENINGKATKAN
KECAKAPAN BERMAIN TENIS MEJA
MELALUI PENGGUNAAN METODE LATIHAN INTERVAL PADA SISWA KELAS V
PUTRA SD MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN BERMAIN TENIS MEJA MELALUI PENGGUNAAN METODE LATIHAN INTERVAL PADA SISWA
KELAS V PUTRA SD MUHAMMADIYAH 2
SURAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Tujuan penelitian tindakan
kelas ini adalah untuk meningkatkan kecakapan bermain
tenis meja melalui penggunaan metode latihan interval pada Siswa Kelas V Putra
SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008.
Penelitian
ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitiannya
adalah siswa kelas V putra SD Muhammadiyah 2
Surakarta Tahun Pelajaran 2007/2008. Sumber data berasal dari hasil
observasi kegiatan latihan tenis meja melalui metode latihan interval. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, angket dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan teknik siklus yang terdiri dari 2 siklus
dengan langkah-langkah meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan
refleksi. Indikator kinerja meliputi hasil tes kecakapan bermain tenis meja dengan
menggunakan test back board dan minat atau motivasi siswa dalam mengikuti
program latihan dengan metode interval.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa metode latihan interval dalam permainan tenis meja
yang dilaksanakan oleh peneliti menunjukkan
dapat meningkatkan kecakapan siswa bermain tenis
meja pada siswa kelas V Putra SD Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Pelajaran
2007/2008. Hal ini terbukti
dari hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus, yaitu hasil pukulan siswa
tepat sesuai sasaran yang telah ditentukan meningkat dari hasil tes siklus I
dengan hasil tes siklus II.
'Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar