PEMBELAJARAN
TEMATIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 3 SD
NEGERI 034 SAMARINDA ULU
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dunia pendidikan saat ini
sedang dihadapkan pada dua masalah besar, yaitu mutu pendidikan yang rendah dan
sistem pembelajaran di sekolah yang kurang memadai. Dua hal tersebut sangat
bertentangan dengan tuntutan era globalisasi yang ditandai dengan AFTA 2003
yang menuntut pendidikan agar memiliki pendidikan yang tanggap terhadap situasi
persaingan global dan memiliki pendidikan untuk dapat membentuk pribadi yang
mampu belajar seumur hidup.
Krisis pendidikan yang melanda bangsa Indonesia saat ini membuat kekhawatiran
tersendiri bagi para orang tua dan pihak sekolah yang telah dipercaya sebagai
lembaga pendidik. Lemahnya tingkat
berfikir siswa menjadi sebuah tantangan besar bagi para pendidik. Oleh karena
itu guru dituntut harus mampu merancang dan melaksanakan program pengalaman
belajar dengan tepat agar siswa memperoleh pengetahuan secara utuh sehingga
pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna
disini berarti bahwa siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka
pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata.
Salah satu sistem yang dapat
diterapkan yakni siswa belajar dengan “melakukan”. Selama proses “melakukan”
tersebut mereka akan memahami dengan lebih baik dan menjadi lebih antusias di
kelas. Menurut Sutirjo dan Mamik (2004), dalam proses pembelajaran perlu
memadukan antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain dalam satu
tema. Alasan pertama yang mendasari hal ini adalah karena latar belakang
empiris. Kenyataan dalam kehidupan sehari-hari tidak satupun fenomena alam yang
terjadi secara terpisah atau berdiri sendiri, namun justru bersifat kompleks
dan terpadu. Alasan kedua, yaitu tuntutan dan perkembangan iptek yang begitu
pesat dan kompleks, secara ilmiah membutuhkan penyikapan secara realistis. Dengan
demikian, peningkatan kualitas pembelajaran dan bahan ajar di sekolah harus
diperkaya dengan kenyataan hidup dan tuntutan zaman.
Agar proses pembelajaran dapat
mengakomodasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta permasalahan
yang begitu kompleks dalam masyarakat, maka dapat diterapkan pembelajaran Tematik.
Mengingat, dengan pembelajaran Tematik siswa tidak terpisah dengan kehidupan
nyata dan tidak ‘gagap’ dalam menghadapi perkembangan zaman. Pembelajaran Tematik
akan menciptakan sebuah pembelajaran terpadu yang akan mendorong keterlibatan siswa
dalam belajar, membuat siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran, dan
menciptakan situasi pemecahan masalah sesuai dengan kebutuhan siswa.
Pembelajaran Tematik yakni kegiatan mengajar dengan memadukan materi beberapa
mata pelajaran dalam satu tema. Dalam kurikulum 2004, pembelajaran Tematik dapat
diartikan sebagai pemaduan materi pelajaran dalam satu tema. Dengan demikian,
proses pembelajarannya mengelola pembelajaran yang mengintegrasikan materi dari
beberapa mata pelajaran dalam satu topik pembelajaran atau satu tema.
Pembelajaran Tematik dapat
pula dipandang sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pendidikan, terutama
untuk mengimbangi padatnya materi kurikulum. Pembelajaran Tematik memberi
peluang pembelajaran terpadu yang lebih menekankan keterlibatan anak dalam
belajar, membuat anak terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan
pemberdayaan dalam memecahkan masalah tumbuhnya kreativitas sesuai kebutuhan
siswa. Lebih lanjut, diharapkan siswa dapat belajar dan bermain dengan
kreativitas yang tinggi. (Sutirjo dan Mamik, 2005)
Fenomena yang terjadi sekarang
adalah banyak siswa yang lulus pada bidang studi matematika tetapi tidak lulus
pada bidang studi Bahasa Indonesia atau sains. Padahal jika dilihat dari
tingkat kesukaran, soal matematika lebih sulit dari pada soal bidang studi yang
lain. Hal ini membuktikan bahwa tidak semua siswa pandai disemua bidang studi.
Fenomena ini juga terjadi di SD Negeri 034 Samarinda sebagai sekolah yang
peneliti teliti. Hal ini terjadi karena guru belum terbiasa melaksanakan
pebelajaran yang mengaitkan materi dengan masalah-masalah yang kontekstual.
Berikut nilai hasil belajar siswa bidang studi matematika, sains, dan bahasa
indonesia.
Tabel 1. Nilai Rata-Rata Ulangan Harian Siswa di
Kelas 3 SD Negeri 034 Samarinda Ulu.
'Untuk mendapatkan file skripsi /
Thesis / PTK / PTS lengkap (Ms.Word),
hubungi : 081 567 745 700
0 komentar:
Posting Komentar