Sabtu, 19 Desember 2015

PTK SD 167 = Pd 281 : PENINGKATAN MINAT MEMBACA PERMULAAN MELALUI DONGENG PADA SISWA KELAS I SDN XXX TAHUN 2007/2008

 PTK SD 167 = Pd 281 : PENINGKATAN MINAT MEMBACA PERMULAAN MELALUI DONGENG PADA SISWA KELAS I SDN XXX TAHUN 2007/2008




ABSTRAKSI
PENINGKATAN MINAT MEMBACA PERMULAAN MELALUI DONGENG PADA SISWA KELAS I SDN XXX TAHUN  2007/2008. 
Tujuan penelitian dalam skripsi ini ingin tujuan penelitian sebagai berikut  1) Mengetahui bahwa pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan minat membaca permulaan. 2) Menentukan langkah-langkah pembelajaran melalui dongeng yang tepat agar dapat meningkatkan minat membaca permulaan. 3) Mengetahui hambatan-hambatan yang ditemukan dalam pembelajaran melalui dongeng pada membaca permulaan
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pemanfaatan teks dongeng dengan menggunakan metode SAS dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Observasi partisipasi, yaitu peneliti mengikuti langsung pada kegiatan penelitian tindakan kelas, sehingga dapat mengamati semua proses kegiatan, 2) Wawancara, yaitu melakukan wawancara yang beikaitan. dengan penelitian tindakan kelas yang dilakukan empat kali siklus di atas. Wawancara dilaktifkan dengan semua pihak terkait yang dianggap perlu guru, kepala sekolah, siswa dan personal lainnya).
Dalam pelaksanaannya, metode SAS dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap tanpa buku bacaan dan menggunakan buku bacaan. Pada tahap tanpa buku bacaan pembelajaran dilaksanakan dengan cara-cara sebagai berikut : a). Merekam bahasa anak, b). Menampilkan gambar sambil bercerita, c). Membaca gambar, d). Membaca gambar dengan kartu kalimat, e). Membaca kalimat struktural (S), f), Proses analitik (A), dan g) Proses sintetik. Sedangkan pada tahap menggunakan buku bacaan dengan cara anak membaca buku dongeng .
Hasil penelitian yang dinyatakan dalam persen dapat diuraikan sebagai berikut : Penguasaan materi Bahasa Indonesia  sesudah diadakan perbaikan siklus I adalah Siswa yang menguasai materi lebih dari 70 % adalah 4 dari 30 siswa dan Siswa yang menguasai materi kurang dari 70 % adalah 26 dari 30 siswa. Setelah diadakan perbaikan siklus II penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang menguasai materi 70 % adalah 16 dari 30 siswa dan siswa yang menguasai materi kurang dari 70 % adalah 14 dari 30 siswa, dan setelah diadakan perbaikan siklus III penguasaan materi Bahasa Indonesia maka siswa yang menguasai materi 70 % adalah 26 dari 30 siswa dan siswa yang menguasai materi kurang dari 70 % adalah 4 dari 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 3 siklus tersebut diatas, ternyata hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya artinya ternyata langkah pembelajaran melalui dongeng dapat meningkatkan minat membaca pada siswa kelas I SD Negeri XXX tahun pelajaran 2007/2008.  



DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmad Rofi’ Uddin dan Darmiyati Zuchi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Malang : UNM
Akhadiah. Dkk. 1992. Petunjuk Pengajaran Bahasa Indonesia : Departemen P dan K
Darmiyati Zuchi dan Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta : PAS.
Hartono dan Edi Legowo, Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Depdiknas
HB. Sutopo.1996. Penelitian Kwalitatif, Surakarta : UNS Press
Herry Guntur Tarigan. 1979. Membaca sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : CV Angkasa.
Muhammad Ali. 1993. Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung : Angkasa
St. Y. Slamet. 2007. Dasar – Dasar Ketrampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta : LPP UNS.
­­­­­­­­­______________. 2007. Dasar - Dasar Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Sebelas Maret University Press.
St. Y. Slamet. dan Drs Suwarto, WA, M.Pd. Rambu – Rambu Penyusunan Proposal Penelitian dan Teknik Menyeminarkannya. Surakarta : FKIP UNS.
_______________. 2007. Dasar – Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta : UNS Press.
Sujiyati, V Sudiati. 1994. Cerita Rakyat Jawa Timur. Yogyakarta : Pustaka Nusatama.
Puji Santosa, dkk. 2005. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta : UT
Poerwodarminto. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka 
Suharsimi Arikunto. 1997. Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Karya
Silabus KTSP 2007.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar