PTK SD 155 = Pd 665: Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA (Sains) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri XXX
SARI
XXX. 2007. Penerapan Metode Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Mata Pelajaran IPA (SAINS) Bagi Siswa Kelas V SD Negeri xxx. Skripsi.
Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri xxx.
Kata Kunci : Quantum Learning dan hasil belajar siswa.
Metode Quantum Learning sebagai salah satu alternatif dalam
pembelajaran IPA (SAINS), yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih
nyaman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai
pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai
kegiatan belajar siswa. Dalam kegiatan belajar siswa, guru berperan sebagai penggerak
atau pembimbing, sedangkan siswa berperan sebagai penerima atau yang dibimbing.
Penelitian untuk penulisan skripsi ini dibatasi pada pemecahan masalah
dari beberapa segi yaitu kondisi psikologis siswa, kondisi sosial siswa, dan
kondisi akademis siswa.
Penelitian skripsi ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) atau dalam bahasa asing sering dikenal Classroom Action Research (CAR)
dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain
putaran spiral, menggunakan III siklus pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPA
(SAINS) bagi siswa V Sekolah Dasar dengan menggunakan metode Quantum Learning.
Penelitian ini dilakukan terhadap 34 siswa kelas V SD Negeri xxx pada semester II tahun ajaran 2006/2007.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode
kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif adalah data
observasi, data tentang efektivitas penerapkan Quantum Learning. Data yang
diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa diambil
dengan memberikan tes kepada siswa yang berupa soal pilihan ganda dengan 4
pilihan jawaban (option) yang berjumlah 20 soal pada setiap akhir siklus, data
tentang hasil penilaian kegiatan siswa dengan menggunakan lembar penilaian
kegiatan siswa untuk setiap kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (SAINS).
Peningkatan ini ditunjukkan oleh perbandingan rata-rata hasil belajar yang
dicapai antara siklus I (53,97), siklus II (65,74) peningkatan prosentase
11,77% dan siklus III (73,24) peningkatan prosentase 7,5%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dapat menjadi jembatan
bagi munculnya penelitian baru. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah
wawasan dalam dunia penelitian pendidikan agar mutu pendidikan di Indonesia
baik.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 1993. Belajar dan
Pembelajaran. Semarang: FIP IKIP Semarang.
----------. 1995. Kamus Besar Bahasa
Indonesia (Edisi Kedua). Jakarta: Balai Pustaka.
----------. 2002. Pengembangan
Kurikulum Dan Sistem Pengujian Berbasis Kompetensi. Direktorat Pendidikan
Dasar dan Menengah.
Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
-------------------------. 1997a. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek REVISI V. Jakarta: Rineka Cipta.
-------------------------. 2002. Dasar-dasar
Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
-------------------------, et all.
2004. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoretis Praktis Bagi Praktisi
Pendidikan. Jakarta:
PT. Bumi Aksara.
-------------------------. 1997. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktek REVISI IV. Jakarta: Rineka Cipta.
Djazuli, Ahmad, et all. 1994. Penyelenggaraan
Pendidikan di Sekolah Dasar Dep P dan K, Dirjen pendidikan dasar dan menengah, Jakarta: dinas P dan
K.
De Porter,Bobbi dan Mike Hernachi.
terjemahan Alwiyah Abdurrahman. 2000. Quantum Learning: Membiasakan Belajar
Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Fakultas Bahasa dan Seni. 2003. Pedoman
Penulisan Skripsi Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Kasbolah, Kasihani . 1999. Penelitian Tindakan
Kelas. Depdikbud. Jakarta.
Hadi, Sutrisno. 1989. Metodologi
Reseach. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universita Gajah Mada.
Kemala, Rosa. 2006. Buku Paket
Jelajah IPA Untuk Kelas 5 SD. Jakarta: Yudistira
Moleong, J Lexy. 1994. Metode
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Purwodarminto. 1984. Kamus Umum
Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Pusat Kurikulum Balitbang Depdiknas.
2002. Ringkasan Kegiatan Belajar Mengajar.
http://www.puskur.or.id/data/ringkasan_kbm.pdf
Sarjan, et all. 2004. Buku Paket
Sains V Untuk Kelas 5 Sekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Klaten: CV.
Sahabat
Sudjana, N. 1987. Dasar-dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Sinar Baru Algensindo
--------------. 1990. Penilaian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Suhadjono. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumiaksara
Sumaji. et all.. 1998. Pendidikan
Sains yang Humanistik. Yogyakarta: Kanisius.
Sunaryo, PVM. 2001. Penerapan
Prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dalam Meningkatkan Keefektifan Proses
Pembelajaran IPA di SD di Kodya Tegal dalam Jurnal Pendidikan Volume 2.1. http://202.159.18.43/jp/21
Sunaryo.htm.
Supardi. 2006. Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta : PT Bumiaksara
Saputro, Suprihatin, et all. 2000. Strategi
Pembelajaran. Depdiknas Universitas Negeri Malang FIP
Tim Pelatihan Proyek PGSM. 1999. Penelitian Tindakan Kelas
Usman, Moh. Uzer. 2004. Menjadi
Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode
Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Program Pascasarjana
Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Untuk mendapatkan file lengkap hubung/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar