Selasa, 15 Desember 2015

PTK SD 154 = Pd 664; UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA TENTANG PERTUMBUHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN METODE KARYAWISATA PADA ANAK TUNANETRA KELAS III / II SDLB xxx TAHUN 2008 / 2009

 PTK SD 154 = Pd 664; UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN IPA TENTANG PERTUMBUHAN MAKHLUK HIDUP DENGAN METODE KARYAWISATA PADA ANAK TUNANETRA KELAS III / II SDLB xxx TAHUN 2008 / 2009



ABSTRAK
Pendidikan bagi anak tunanetra saat ini tidak terbatas pada sekolah khusus / melalui sistem segregasi saja, akan tetapi mereka juga diberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan melalui sistem intergrasi / terpadu. Bahkan saat ini anak tunanetra sudah lebih banyak yang mengikuti sistem terpadu dibandingkan dengan anak luar biasa lainnya seperti : anak tunarungu, tunagrahita, maupun tunadaksa.
Keberhasilan pendidikan bagi anak tunanetra tidak terlepas dari peran guru kelas / guru mata pelajaran. Oleh karena itu, seyogyanya para guru memiliki pengetahuan / pemahaman tentang karakteristik dan layanan pendidikan bagi anak tunanetra.
Dalam skripsi ini tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengethuan Alam (IPA) tentang pertumbuhan makhluk hidup terutama tumbuhan yang berkembang biak dengan biji di kelas III / A SDLB Negeri Kota xxx tahun pelajaran 2008 / 2009 melalui metode karyawisata. Dalam penelitian ini, setting / tempat penelitian dilaksanakan di SDLB Negeri Kota xxx  yang beralamat di xxx dan penelitian dilaksanakan dalam waktu 4 minggu yaitu pada bulan Juni sesuai dengan jadwal pelajaran IPA di kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III tunanetra pada mata pelajaran IPA tentang pertumbuhan makhluk hidup (tumbuhan biji) dengan menggunakan metode karyawisata. Data yang dipakai dalam penelitian ini diperoleh dari data prestasi belajar siswa dan sumber data yang semuanya didapatkan dari siswa kelas III / A SDLB Negeri Kota xxx dan sumber data yang dipakai dalam penelitian ini diperoleh dari siswa tunanetra kelas III SDLB Negeri Kota xxx, orang tua siswa kelas III tunanetra, dan beberapa dokumen yang ada di SDLB Negeri Kota xxx. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tehnik tes, dokumentasi, dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode karya wisata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tentang tumbuhan mahluk hidup terutama tumbuhan yang berkembang biak dengan biji pada anak kelas III tuna netra SDLB Kota xxx Semester II Tahun Ajaran 2008 / 2009.





Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar