Rabu, 09 Desember 2015

PTK SD 138 = Pd 063 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR HITUNG SISWA KELAS I SD I PANJANG KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005

 PTK SD 138 = Pd 063 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR HITUNG SISWA KELAS I SD I PANJANG KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005



 ABSTRAK

xxxxxxxxxxx PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MISTAR HITUNG SISWA KELAS I SD I PANJANG KECAMATAN BAE KABUPATEN KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Kudus : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2005.

Penelitian ini bertujuan. untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika dengan diajarkan melalui alat peraga mistar hitung Pada Siswa Kelas I SD I Panjang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, sedangkan strategi yang digunakan adalah studi kasus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik sampling dalam penelitian ini tanpa melakukan seleksi atau peneliti tidak membatasi jumlah informan atau siswa yang diteliti sejumlah 38 siswa. tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan tes. Analisis data adalah analisis kasus.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatkan prestasi belajar Matematika siswa Kelas 1 SD I Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus dalam mata pelajaran Matematika, dengan mengefektifkan penggunaan alat peraga mistar hitung dalam pembelajaran. Dalam setiap putaran/siklus selalu membawa dampak positif ke arah peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Matematika siswa kelas 1 SD I Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005.

DAFTAR PUSTAKA
 
Bukhori, 1997. Pengantar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Jermare.
Chalijah Hasan, 1994. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Surabaya: AI-Ikhlas.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Kurikulum 2004 .Standar Kompotensi Mata Pelajaran Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
E.T. Rusetfendi, 1997. Pendidikan Matematika III. Jakarta. Universitas Terbuka
Herman Hudoyo, 2001. Mengajar Belajar Matematika. Malang: Dirjen Dikti Depdiknas.
____________ . Pengembangan  Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang IKIP Malang.
Isti Hidayah, Sugiarto. 2002. Workshop I Pendidikan Sekolah Dasar. Semarang: FMIPA UNNES.
Kasihani Kasbolah, 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang.
Lukman Rosadi, Handani Dadan, 2000. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Departemen Agama RI.
Muchtar. A. Karim, 1997. Pendidikan Matematika 1. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Ngalim Purwanto, 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung Remaja Karya.
N. Nasution, 1992. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Aksara Baru.
Rukidi, 1996. Media Pembelajaran. Bandung: Alumni.
Slameto. 1495. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 1998. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Raya
Suhito. 1986. Hand Out Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: FMIPA UNNES.
Sunardi. 1997. Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar. Surakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
W.J.S. Poerwadarminta. 1984. Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar