Sabtu, 19 Desember 2015

PTK SD 200 = Pd 790 : Implementasi Pembelajaran Kooperative Dengan Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri XXX Tahun 2009/2010

 PTK SD 200 = Pd 790 : Implementasi Pembelajaran Kooperative Dengan Index Card Match Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri XXX Tahun 2009/2010




Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Index Card Match  Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2009/2010.
Rumuskan masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Motivasi dan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2009/2010. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan apakah pendekatan pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas bersifat kolaboratif, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas VI sebagai guru mitra. Subjek penelitian adalah peneliti sebagai pelaku tindakan kelas dan siswa kelas V SD Negeri xxx. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan lembar observasi. Prosedur dalam penelitian terdiri dari 3 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian proses pembelajaran untuk mengetahui aspek motivasi belajar siswa, cara pemecahan masalah, dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses pembelajaran Kooperatif index card match tepat rencana sehingga meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN xxx; (data motivasi siswa, Siklus I 48,5% Siklus II 77,5% Siklus III  89,1%. Dan hasil belajar Siklus I 65,5% Siklus II 72,25% Siklus III  78,5%.
Kata Kunci : Index Card Match, Motivasi dan Hasil belajar





DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman M. 1997. Peranan Suasana Belajar Koperatif dan Kompetitif dalam Peningkatan Hasil Belajar. Jakarta : Lembaga Penelitian IKIP.
Arikunto Suharsimi. 2000. Manajemen Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Anita Lie, 2002. Cooperative Learning Mempraktekan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia Widyasarana Indonesia.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Kelas V. Jakarta: Depdiknas.
Crow D dan Crow A. 1984. Psikologi Pendidikan. (Terjemahan Casiden Z. Education Psychology) Surabaya : PT Bina Ilmu.
Depdikbud. 1995/1996. Program Pengajaran IPS kelas V.  Jakarta : Dirjen Dikdasmen.
Dimiyati dan Mudjiono. 1999. Belajar Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Gagne el et. 1984. Essentials of Learning for Instructions. Englewood : Cliffs, New Jersy : Printice Hall, Inc.
Hamalik Oemar. 2007. Proses belajar Mengajar. Jakartaa : Bumi Aksara
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani, 2004. Strategi Pembelajaran Aktif (Center of Teaching Staff Develompent). Yogyakarta : IAIN Sunan Kalikaga.
Lexy J. Moeleong. 2007.Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung.PT Remaja Rosdakarya
Moekijat. 2001. Dasar-dasar Motivasi. Bandung : Pioner Jaya.
Mohamad Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA.
Moh. Uzer Usman. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Muhibin Syah. 1995. Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
PP-19-2005-standar-nasional-pendidikan.wpdl. Tentang Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rochiati Wiraatmadja. 1997. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sardiman A.M. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Slavin. R.E (1997). Cooperative Learning-Theory Research, and Practice, (2nd edition). London : Allyand Bacon.
Standar Isi Kelas V, 2006 Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13.
Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryabrata. Sumardi. 1983. Psikologi Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta.
Thayeb dkk. 2006. IPS Terpadu. Jakarta : Erlangga
Uno Hamzah B. 2006. Teori Motivasi &Pengukurannnya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Yakobs, E. 1999. Cooperative Learning in Context. An Educational Innovation in Everyday Clasroom. New York : Albany, State University of New York Press.
Winkel, W. S. 1998. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
http://learning and teaching.dal.ca./taguide/what is coopertive learning.html
www.globalisasi.wordpress.com, 19 September 2009



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar