Rabu, 09 Desember 2015

PTK SD 143 = Pd 066 : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005

 PTK SD 143 = Pd 066 : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005



 ASBTRAK

xxxxxxxx. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005. SKRIPSI. SURAKARTA : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, JUNI 2005.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan prestais belajar bahasa Indonesia IV SD Negeri Gembong 03 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah kwalitatif diskripstif dengan tindakan, dengan langkah – langkah menyusun persiapan/rencana, mengadakan tindakan, observasi dan refleksi (menyusun perencanaan berikutnya apabila belum berhasil), Teknik sampling dalam informasi atau siswa yang diteliti sejumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan, dokumen dan angket. Analisis data adalah interaktif mengalir, yaitu melaksanakan tindakan, mengamati/memantau, mengevaluasi dan merefleksikan.
Dari keseluruhan putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gembong 03 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005 dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui pembelajaan kelompok (partisipatif). Setiap putaran/siklus selalu membawa dampak yang positif kearah peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Gembong 03 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005.
Hal itu tanpak dair hasil yang dicapai siswa pad aputaran I siklus I – 3 nilai rata – rata kelas 7,32. Putaran II siklus I – 3 nilai rata – rata kelas 7,31. Dan pada putaran III siklus I – 3 nilai rata – rata kelas 7,70, yang semula sebelum diadakan tindakan nilai rata – rata kelas 6,70.


DAFTAR PUSTAKA
Dimyati Mahmud, 1992. “Strategi Belajar Membaca dan Menulis” Jakarta: Rineka Cipta.
Gorys Keraf, 1991. Komposisi” Jilid II Ende Flores: Nusa Indah.
J.L. Pssaribu dan B. Simanjutak, 1980. “Proses Belajar Mengajar” Bandung: Tap Site.
Jos Daniel Parera, 1991. “Menulis Tertib dan Sistimatis” Jakarta: Erlangga.
Mahmud Ali Yahya dan Suruji, 1998. “Belajar Menulis” Jakarta: Bina Aksara.
Mahmud Ali Yahya, 1991. “Belajar Membaca dan Menulis” Jakarta: Bina Aksara.
Moeliono, Anton, dkk, 1990. “Kamus Besar Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.
Muchtar Bukhori, 1995. “Pengantar Psikologi Pendidikan” Bandung: Jermare.
Muhibin Syah, 1995. “Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru” Bandung: Jermare.
Ngalim Purwanto, 1990. “Psikologi Pendidikan “ Bandung: Remaja
Rosdakarya. Oemar Hamalik, 1983. “Media Pendidikan” Bandung: Alumni.
Owens, 1998. “Texonomy of Education Objectives, A Classification of Educational Goals” Handbook I, Cognitive Domein, London: Longman Group Limited.
Purwadarminta, W.J.S. 1976. “Kamus Umum Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto, 1995. “Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya” Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, D. 2001. “Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif 'Bandung: Falah Production.
Sutartinah Tirtonegoro, 1989. “Anak SuperNormal dan Pendidikannya” Jakarta: Bina Aksara
Syaiful Bakri Djamaroh, 1994. “Pendidikan Membaca dan Menulis” Yogyakarta: Liberty.


Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar