PTK SD 143 = Pd 066 : MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2004/2005
ASBTRAK
xxxxxxxx. MENINGKATKAN PRESTASI
BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN KELOMPOK (PARTISIPATIF) SISWA
KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03 KECAMATAN GEMBONG KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN
2004/2005. SKRIPSI. SURAKARTA : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA, JUNI 2005.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui meningkatkan prestais belajar bahasa Indonesia IV SD
Negeri Gembong 03 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode yang
digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang
digunakan adalah kwalitatif diskripstif dengan tindakan, dengan langkah –
langkah menyusun persiapan/rencana, mengadakan tindakan, observasi dan refleksi
(menyusun perencanaan berikutnya apabila belum berhasil), Teknik sampling dalam
informasi atau siswa yang diteliti sejumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data
dengan pengamatan, dokumen dan angket. Analisis data adalah interaktif
mengalir, yaitu melaksanakan tindakan, mengamati/memantau, mengevaluasi dan
merefleksikan.
Dari keseluruhan
putaran atau siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru telah
mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri
Gembong 03 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2004/2005 dalam
mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan melalui pembelajaan kelompok
(partisipatif). Setiap putaran/siklus selalu membawa dampak yang positif kearah
peningkatan perkembangan kemampuan dan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa
kelas IV SD Negeri Gembong 03 Kecamatan Gembong Kabupaten Pati Tahun Pelajaran
2004/2005.
Hal itu tanpak
dair hasil yang dicapai siswa pad aputaran I siklus I – 3 nilai rata – rata
kelas 7,32. Putaran II siklus I – 3 nilai rata – rata kelas 7,31. Dan pada
putaran III siklus I – 3 nilai rata – rata kelas 7,70, yang semula sebelum
diadakan tindakan nilai rata – rata kelas 6,70.
DAFTAR
PUSTAKA
Dimyati Mahmud, 1992. “Strategi
Belajar Membaca dan Menulis” Jakarta: Rineka Cipta.
Gorys Keraf, 1991. Komposisi”
Jilid II Ende Flores: Nusa Indah.
J.L. Pssaribu dan B.
Simanjutak, 1980. “Proses Belajar Mengajar” Bandung: Tap Site.
Jos Daniel Parera, 1991. “Menulis
Tertib dan Sistimatis” Jakarta: Erlangga.
Mahmud Ali Yahya dan Suruji, 1998. “Belajar
Menulis” Jakarta: Bina Aksara.
Mahmud Ali Yahya, 1991. “Belajar
Membaca dan Menulis” Jakarta: Bina Aksara.
Moeliono, Anton, dkk, 1990. “Kamus
Besar Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.
Muchtar Bukhori, 1995. “Pengantar
Psikologi Pendidikan” Bandung: Jermare.
Muhibin Syah, 1995. “Psikologi
Pendidikan Suatu Pendekatan Baru” Bandung: Jermare.
Ngalim Purwanto, 1990. “Psikologi
Pendidikan “ Bandung: Remaja
Rosdakarya. Oemar Hamalik, 1983. “Media
Pendidikan” Bandung: Alumni.
Owens, 1998. “Texonomy of
Education Objectives, A Classification of Educational Goals” Handbook I,
Cognitive Domein, London: Longman Group Limited.
Purwadarminta, W.J.S. 1976. “Kamus
Umum Bahasa Indonesia” Jakarta: Balai Pustaka.
Slameto, 1995. “Belajar dan
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya” Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, D. 2001. “Metode
dan Teknik Pembelajaran Partisipatif 'Bandung: Falah Production.
Sutartinah Tirtonegoro, 1989. “Anak SuperNormal dan Pendidikannya”
Jakarta: Bina Aksara
Syaiful Bakri Djamaroh, 1994. “Pendidikan Membaca dan Menulis”
Yogyakarta: Liberty.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar