PTK SD 148 = Pd 161 : USAHA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGEFEKTIFKAN METODE PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS V SD 2 MENAWAN, GEBOG, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005
ABSTRAK
xxxxxxxxxxxxx USAHA PENINGKATAN PRESTASI
BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGEFEKTIFKAN METODE
PEMBERIAN TUGAS SISWA KELAS V SD 2
MENAWAN, GEBOG, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005.
Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret
Surakarta, Agustus 2005.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan bahwa metode pemberian
tugas dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengefektifkan metode
pemberian tugas agar dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas
V SD 2 Menawan, Gebog, Kudus tahun pelajaran 2004/2005.
Penelitian
ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan strategi tindakan berupa
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD
2 Menawan, Gebog, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005 sejumlah 17 siswa. Penelitian
dilakukan dengan tiga siklus.
Dari
penelitian tersebut dapat diperoleh kesimpulan bahwa metode pemberian tugas
dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam operasi bilangan pecahan dengan
subpokok bahasan penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Hal ini
dapat dilihat dari hasil analisis pretes dan postes pada siklus I menunjukkan
ketuntasan yang dicapai 47,0%. Siklus II menunjukkan ketuntasan belajar yang
dicapai siswa sebesar 47,05%. Siklus III menunjukkan ketuntasan belajar yang
dicapai siswa sebesar 88,23%. Ini berarti ada peningkatan dari masing-masing
siklus setelah diterapkannya metode pembelajaran pemberian tugas.
DAFTAR
PUSTAKA
Abdul Gafur.
1989. Dedaktik Metodik Pembelajaran di SD. Yogyakarta: Yasrib
Anton Sukarno.
1994. Efektivitas Sistem Pengajaran Pelayanan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Surakarta: Tiga Serangkai.
Aswan Zaim.
2002. Strategi Belajar Mengajar. Semarang: Gramedia
Departemen
Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-Garis Besar
Program Pengajaran (GBPP) Kelas IV, V,dan VI. Jakarta: Dikmenum.
__________________________
. 1996. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Dasar 9 Tahun. Jakarta: Duta
Nusindo.
Depdiknas. 2003.
Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
Dewa Ketut
Sukardi. 1994. Teknik-teknik Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta:
Depdikbud.
Dirjen
Dikdasmen. 1997. Matematika Dasar. Jakarta: Balai Pustaka.
Diwandono. 199.
Penilaian Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djamarah. 2002.
Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang Retno. W.
2002. Metode Penelitian Kelas. Semarang: Unnes.
Herman Hudojo.
1998. Strategi Pembelajaran Matematika di SD. Bandung: Angkasa.
Ismail. 2003.
Kpita Selekta Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Julius Hambali.
1992. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso. 2003.
Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Karso. 2004.
Matematika I. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kasbolah. 1999.
Matodik Dedaktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Moeliono. 2001.
Dediktik/Metode Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong. 2001.
Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Milles and
Huberman. 2000. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Percetakan Muhammadiyah.
Muctar. 2004.
Matematika jilid II. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhibbin Syah.
1995. Desain Instruksional. Solo: Yudistira.
Mohammad Ali.
1987. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Gramedia.
Muhammad Surya.
2003. Kapita Selekta Pendidikan Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyani
Sumantri. 2002. Metode-metode Pembelajaran dalam Matematika. Jakarta:
Depdiknas.
Muslich. 1994.
Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Jakarta: Airlangga.
Nana Sudjana.
1989. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
Depdikbud.
Nursid
Summadmadja. 2003. Konsep Dasar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Oemar Hamalik.
1980. Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan. Bandung: Tarsito.
Ruseffendie.
1993. Matematika 3. Jakarta: Universitas Terbuka.
Slameto. 1987.
Cara Belajar Siswa Aktif. Jakarta: Rineka Cipta.
___________________
. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soemardi
Soerjabrata. 1980. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bina Aksara.
Soejadi. 2000.
Pendidikan Matematika di SD. Jakarta: UT
Syaiful Bahri.
2002. Dasar-dasar Pembelajaran Matematika. Jakarta: Djambatan.
Subarjo, dkk.
1990. Bahan Penataran Kurikulum SD 1975 Yang Disempurnakan. Jawa Tengah.
Sugiyono. 1990.
Prosedur Penelitian Kualitatif. Bandung: Eksakta.
Suharsimi
Arikunto. 1986. Prosedur Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Sumitro. 1987.
Inovasi Pendidikan. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.
Sutartinah
Tirtonegoro. 1998. Anak Supernormal dan Program Pendidikan. Jakarta: Bina
Aksara.
Suyitno. 2000.
Pembelajaran Matematika. Bandung: Erlangga.
Tabrany Rusyan.
1989. Psikologi Pendidikan. Bandung: Tarsito.
Ulihbukit
Karo-Karo. 1981. Metodologi Pengajaran. Salatiga: Saudara.
Wahyudin. 2003.
Ensiklopedi Matematika untuk SLTP. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.
Winkel W.S.
1994. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
W.J.S.
Poerwadarminta. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi/sms HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar