Senin, 21 Desember 2015

PTK SD 202 = Pd 792 : Peningkatan Ketrampilan Mengarang Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SD XXX

 PTK SD 202 = Pd 792 : Peningkatan Ketrampilan Mengarang Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Model Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV SD XXX




ABSTRAK




Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengarang  dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model Mind Mapping pada siswa kelas IV SD XXX..
            Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, strategi yang digunakan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah keterampilan mengarang siswa kelas IV SD XXX dalam mengarang dengan model mind mapping. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis.
            Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan keterampilan mengarang siswa kelas IV Semester II melalui model Mind Mapping terbukti nilai siswa sudah mencapai KKM. Observasi awal 10 siswa dari 21 siswa (47,65%) dengan rata-rata 65,19, siklus I 16 siswa dari 21 siswa (76,19%) dengan rata-rata 72,86 dan siklus II 21 siswa dari 21 siswa (100%) dengan rata-rata 81,38.
Kata Kunci: pemetaan pikiran (mind mapping).



DAFTAR PUSTAKA






Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Model Silabus Kelas IV. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen    Pendidikan Dasar dan menengah.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Endraswara, Sunardi. 2003. Membaca, Menulis, Mengerjakan Sastra, Sastra Berbasis        Kompetensi. Yogyakarta: Kota kembang.
Heuken, Adolf. 2008. Teknik Megarang Edisi Ketiga. Yogyakarta : Kanisius
Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Nasucha, Yakub dkk. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan  Karya Tulis Ilmiah. Surakarta : Media Perkasa
Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajara Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sugiyono. 2007. Memahami penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.
Suhardjono. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi, Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan kelas (Class Room Research Car). Jakarta: Bumi Aksara
Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Research) Beserta Sistematika Proposal dan Laporannya. Jakarta: bumi Aksara
Sutopo, HB. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press
Tarigan, Henry Guntur. 1991. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Yogyakarta: Pustaka   Pelajar
Widyamartaya. 1996. Kreatif Mengrang. Yogyakarat Kanisius
Wycoff, Yoyce. 2002. Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran.   Bandung: Kaifa



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar