Rabu, 09 Desember 2015

PTK SD 144 = Pd 076 : PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD 3 GONDOSARI, GEBOG, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005

 PTK SD 144 = Pd 076 : PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD 3 GONDOSARI, GEBOG, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005



 

ABSTRAK
xxxxxxxxxxx PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD 3 GONDOSARI, GEBOG, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2004.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Cara penggunaan alat peraga kartu pecahan dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas V SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Apakah penggunaan alat peraga peraga kartu pecahan dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi tindakan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2005/2006 sejumlah 20 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling sejumlah 20 siswa. Penelitian dilakukan dengan dua, siklus dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara. : (1) melakukan identifikasi masalah, (2) melakukan analisis masalah dan perumusan masalah, (3) formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan, dan (4) analisis kelaikan solusi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan : Alat peraga kartu pecahan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam operasi bilangang pecahan dengan sub pokok bahasan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilai siklus I nilai rata-rata 63,25 dengan katagori nilai cukup. Sedangkan pada Siklus II hasil prestasi belajar Matematika nilai rata-rata 74 dengan kategori baik.


DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi . 1990. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Amir Hamzah Sulaiman. 1991. Matematika I. Jakarta : Balai Pustaka.
Anton Sukarno, 1994, Efektivitas Sistem Pengajaran Pelayanan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta : FKIP UNS.
Dakir. 1987. Dedaktik Metodik. Jakarta : Depdikbud.
Depdikbud. 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Kelas IV, V, dan VI. Jakarta : Dikmenum.
_________. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Kelas IV, V, dan VI. Jakarta: Dikmenum.
_________. 1996. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Dikmenum.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: .Dikmenum. Ditjen
Dikdasmen. 1997. Matematika Dasar. Jakarta : Balai Pustaka.
Diwandono. 1996. Penilaian Pendidikan. Jakarta: Unversitas Terbuka.
DjokoMuseno. 2000. Mari Berhitung. Jakarta: Depdikbud.
Karso. 2004. Pembelajaran Alat Peraga Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.
Kasbolah. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang Retno. W. 2002. Metode Penelitian Kelas. Semarang : Unnes.
Hudoyo. 1990. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud.
Milles and Huberman. 2000. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Percetakan Muhammadiyah.
Muchtar, 2003. Matematika Jilid H. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhammad Ali, 1987. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Gramedia.
Muslich. 1994. Matematika V. Jakarta: Depdikbud.
Moeliono. 200 1. Dedaktik / Metode Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Moeleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana. 2001. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud.
Ngadino, 2000. Media Pembelajaran. Surakarta.
Ngalim Purwanto, 1990. Introduction to Psikologi. Bandung: PT Remaja.
Oemar Hamalik. 1982. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta : Bumi Aksara.
Pasaribu dan Simanjuntak, 1980. Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Pandoyo. 1997. Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta : UT
Ruseffendie. 1993. Matematika 3. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sib M. Amin. 2000. Alat Peraga Matematika SD. Jakarta :
Depdiknas. Situmorang. 1999. Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta : Djambatan.
Soedjadi. 2000. Kapita Selekta Pendididikan Matematika. Jakarta : UT Sugiyono, 1990. Prosedur Penelitian Kualitatif Bandung : Eksakta
Suharsimi Arikunto, 1997. Prosedur Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Sumaadmadja, 2003. Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta:
Depdikbud. Sumantri. 2001. Matematika Dasar I. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sumantri dan Permana, 2001. Kapita Selekta Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Suyanto. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Suyitno. 2001. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Slameto. 1986. Proses Belajar Mengqjar Dalam Sislem Kredit. Jakarta : Bumi Aksara.
Tirto Negoro, 1989. Matematika di SD. Jakarta: Depdikbud.
Wahyudin. 2003. Kapita Selekta. Alfalemanka. SD: Jakarta : UT.
Winkel. 1996. “Psikologis Pengajaran” Jakarta : Gramedia Widiasarana.
Witherington 1994. Psikologi pendidikan: Bandung Djambatan. Bandung
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar