PTK SD 144 = Pd 076 : PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD 3 GONDOSARI, GEBOG, KUDUS TAHUN PELAJARAN 2004/2005
ABSTRAK
xxxxxxxxxxx PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTU PECAHAN DALAM PEMBELAJARAN UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD 3 GONDOSARI, GEBOG, KUDUS
TAHUN PELAJARAN 2004/2005. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Agustus 2004.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)
Cara penggunaan alat peraga kartu pecahan dalam pembelajaran Matematika pada
siswa kelas V SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Apakah
penggunaan alat peraga peraga kartu pecahan dalam pembelajaran Matematika dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog
Kabupaten Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
dengan strategi tindakan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Penelitian dilakukan di SD 3 Gondosari Kecamatan Gebog Kudus.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 3 Gondosari Kecamatan
Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2005/2006 sejumlah 20 siswa. Sampel
diambil dengan teknik purposive sampling sejumlah 20 siswa. Penelitian
dilakukan dengan dua, siklus dengan menggunakan metode eksperimen. Teknik
analisis data dilakukan dengan cara. : (1) melakukan identifikasi masalah, (2)
melakukan analisis masalah dan perumusan masalah, (3) formulasi solusi dalam
bentuk hipotesis tindakan, dan (4) analisis kelaikan solusi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat
disimpulkan : Alat peraga kartu pecahan dapat meningkatkan keterampilan siswa
dalam operasi bilangang pecahan dengan sub pokok bahasan penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilai
siklus I nilai rata-rata 63,25 dengan katagori nilai cukup. Sedangkan pada
Siklus II hasil prestasi belajar Matematika nilai rata-rata 74 dengan kategori
baik.
DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi .
1990. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Amir Hamzah
Sulaiman. 1991. Matematika I. Jakarta : Balai Pustaka.
Anton Sukarno,
1994, Efektivitas Sistem Pengajaran Pelayanan bagi Anak Berkesulitan Belajar.
Surakarta : FKIP UNS.
Dakir. 1987. Dedaktik
Metodik. Jakarta : Depdikbud.
Depdikbud. 1993.
Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP) Kelas
IV, V, dan VI. Jakarta : Dikmenum.
_________.
1994. Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-Garis Besar Program Pengajaran (GBPP)
Kelas IV, V, dan VI. Jakarta: Dikmenum.
_________.
1996. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Dikmenum.
Depdiknas.
2003. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: .Dikmenum. Ditjen
Dikdasmen.
1997. Matematika Dasar. Jakarta : Balai Pustaka.
Diwandono.
1996. Penilaian Pendidikan. Jakarta: Unversitas Terbuka.
DjokoMuseno.
2000. Mari Berhitung. Jakarta: Depdikbud.
Karso. 2004. Pembelajaran
Alat Peraga Matematika. Jakarta : Rineka Cipta.
Kasbolah. 1999. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang Retno. W.
2002. Metode Penelitian Kelas. Semarang : Unnes.
Hudoyo. 1990. Interaksi
Belajar Mengajar. Jakarta : Depdikbud.
Milles and
Huberman. 2000. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Percetakan
Muhammadiyah.
Muchtar, 2003. Matematika
Jilid H. Jakarta: Universitas Terbuka.
Muhammad Ali,
1987. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Gramedia.
Muslich. 1994. Matematika
V. Jakarta: Depdikbud.
Moeliono. 200 1.
Dedaktik / Metode Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Moeleong. 2001. Metodologi
Penelitian Kualitatif Bandung PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana.
2001. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:
Depdikbud.
Ngadino, 2000. Media
Pembelajaran. Surakarta.
Ngalim Purwanto,
1990. Introduction to Psikologi. Bandung: PT Remaja.
Oemar Hamalik.
1982. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta :
Bumi Aksara.
Pasaribu dan
Simanjuntak, 1980. Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta:
Depdikbud.
Pandoyo. 1997. Pembelajaran
Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta : UT
Ruseffendie.
1993. Matematika 3. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sib M. Amin.
2000. Alat Peraga Matematika SD. Jakarta :
Depdiknas.
Situmorang. 1999. Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta : Djambatan.
Soedjadi. 2000. Kapita
Selekta Pendididikan Matematika. Jakarta : UT Sugiyono, 1990. Prosedur
Penelitian Kualitatif Bandung : Eksakta
Suharsimi
Arikunto, 1997. Prosedur Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Rineka
Cipta.
Sumaadmadja,
2003. Pembelajaran Matematika di SD. Jakarta:
Depdikbud.
Sumantri. 2001. Matematika Dasar I. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sumantri dan
Permana, 2001. Kapita Selekta Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Suyanto. 1997. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Suyitno. 2001. Kapita
Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Slameto. 1986.
Proses Belajar Mengqjar Dalam Sislem Kredit. Jakarta : Bumi Aksara.
Tirto Negoro,
1989. Matematika di SD. Jakarta: Depdikbud.
Wahyudin. 2003. Kapita
Selekta. Alfalemanka. SD: Jakarta : UT.
Winkel. 1996. “Psikologis
Pengajaran” Jakarta : Gramedia Widiasarana.
Witherington
1994. Psikologi pendidikan: Bandung Djambatan. Bandung
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar