PTK SD 156 = Pd 671: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL SISWA KELAS IV SD NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2004/2005
ABSTRAK
Berdasarkan pengamatan dan pengalaman dari guru kelas yang telah
10 tahun mengampu di kelas IV SD Negeri xxx, kemampuan siswa dalam
menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasa pecahan nilainya sangat rendah. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil tes nilai formatif yang sangat tidak
menggembirakan (tabel hal : 2)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui diskusi
kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok
bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan diadakannya
penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan
kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri
xxx Tahun Pelajaran 2004/2005.
Lokasi penelitian di SD Negeri xxx dengan subyek penelitian
tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri xxx sebanyak 23 orang
terdiri dari 14 putra dan 9 putri, seorang guru kelas IV SD Negeri xxx, dan
seorang pengamat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua
siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
analisis dan refleksi. Indikator keberhasilan adalah jika tercapai 6,5 dengan ketuntasan
belajar 65 %.
Hasil penelitian secara global dapat dikatakan bahwa hasil siklus
I adalah 6,0 dengan ketuntasan belajar 60 % sedangkan hasil dari siklus II
adalah 7,1 dengan ketuntasan belajar 75%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui
diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita
pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2004/2005.
Dengan demikian disarankan pembentukan diskusi kelompok kecil
lebih ditingkatkan lagi untuk pembelajaran matematika khususnya pada pokok
bahasan pecahan.
DAFTAR PUSTAKA
Amin Suyitno dan Isnaini Rosida. 2002. Pembelajaran
RME (Realistic Mathematics Education)
Sebagai Langkah Enovasi Pendidikan Matematika
dan Implementasinya di SLTP.
Laporan Penelitian (Tidak Dipublikasikan).
Carey 1991. Number Senteces : Linking Adition
and Substtraction Word. Problems and Syimbols. Dalam Journal Research in
Matematics Education val 22. P. 266 – 280.
Dikdikbud 1989. Beberapa Metode dan
Keterampilan dalam Pengerjaan Matematika. Jakarta.
Herman Hudoyo, 1994. Pengembangan Kurikulum
Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya:Usaha Nasional.
Mappa dan Ballesman, Andayani 1998. Model
Kelompok Matematika dari Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan yang disusun
Siswa Kelas IV SDN Brinting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Ajaran
1998. Jember. (Skripsi Tidak Diterbitkan).
Puskur Balitbang Depdiknas. 2002. Kurikulum
Berbasis Kompetensi (KBK). Jakarta:Depdiknas.
Wardani, 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok
Kecil dan Perorangan. Jakarta:Dirjen Dikti.
Untuk mendapatkan file lengkap hubung/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar