Selasa, 15 Desember 2015

PTK SD 156 = Pd 671: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL SISWA KELAS IV SD NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2004/2005

 PTK SD 156 = Pd 671: MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA POKOK BAHASAN PECAHAN MELALUI DISKUSI KELOMPOK KECIL SISWA KELAS IV SD NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2004/2005




ABSTRAK

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman dari guru kelas yang telah 10 tahun mengampu di kelas IV SD Negeri xxx, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasa pecahan nilainya sangat rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes nilai formatif yang sangat tidak menggembirakan (tabel hal : 2)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2004/2005. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2004/2005.
Lokasi penelitian di SD Negeri xxx dengan subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri xxx sebanyak 23 orang terdiri dari 14 putra dan 9 putri, seorang guru kelas IV SD Negeri xxx, dan seorang pengamat. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis dan refleksi. Indikator keberhasilan adalah jika tercapai 6,5 dengan ketuntasan belajar 65 %.
Hasil penelitian secara global dapat dikatakan bahwa hasil siklus I adalah 6,0 dengan ketuntasan belajar 60 % sedangkan hasil dari siklus II adalah 7,1 dengan ketuntasan belajar 75%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan siswa kelas IV SD Negeri xxx Tahun Pelajaran 2004/2005.
Dengan demikian disarankan pembentukan diskusi kelompok kecil lebih ditingkatkan lagi untuk pembelajaran matematika khususnya pada pokok bahasan pecahan.


DAFTAR PUSTAKA
Amin Suyitno dan Isnaini Rosida. 2002. Pembelajaran RME (Realistic Mathematics Education)
Sebagai Langkah Enovasi Pendidikan Matematika dan Implementasinya di SLTP.
Laporan Penelitian (Tidak Dipublikasikan).
Carey 1991. Number Senteces : Linking Adition and Substtraction Word. Problems and Syimbols. Dalam Journal Research in Matematics Education val 22. P. 266 – 280.
Dikdikbud 1989. Beberapa Metode dan Keterampilan dalam Pengerjaan Matematika. Jakarta.
Herman Hudoyo, 1994. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya di Depan Kelas. Surabaya:Usaha Nasional.
Mappa dan Ballesman, Andayani 1998. Model Kelompok Matematika dari Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan yang disusun Siswa Kelas IV SDN Brinting Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Ajaran 1998. Jember. (Skripsi Tidak Diterbitkan).
Puskur Balitbang Depdiknas. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Jakarta:Depdiknas.
Wardani, 1985. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. Jakarta:Dirjen Dikti.





Untuk mendapatkan file lengkap hubung/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar