PTK SD 139 = Pd 005 : Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Rimedial Siswa Kelas VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005
ABSTRAKS
xxxxxxxx.
Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Rimedial
Siswa Kelas VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran
2004/2005. SKRIPSI. Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2005.
Penelitian
I ni bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika
dengan pembelajaran remedial pada siswa kelas SDN I Dukuhwaringin Kec.
Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Metode
yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan
strategi yang digunakan adalah model siklus dengan langkah – langkah
menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan mengadakan
perencanaan.
Dalam
penelitian ini tidak menggunakan teknik sampling karena samplingnya
semua siswa yang mengalami kesulita belajar Matematika paa kelas SDN I
Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005. yaitu sisw
ayang nilainya di bawah nilai rata – rata kelas, yang berjumlah 3
siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi langsung dan
tes analisis data adalah dengan analisis terarah dengan langkah –
langkah langsung dan tes analisis data kesimpulan.
Dari
keseluruhan putaran siklus yang telah dilakukan dapat disimpukan, bahwa
guru kelas mampu meningkatkan prestasi belajar Matematika melalui
pembelajaran remidian siswa kelas VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab,
Kudus Tahun Pelajaran 2004/2005.
Dai
keseluruhan putaran siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan
bahwa guru kelas mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
kelas VI SDN I Dukuhwaringin Kec. Dawe Kab, Kudus, melalui pembelajaran
Remidial, Tahun Pelajaran 2004/2005.
DAFTAR PUSTAKA
Anton Sukarno, 1994. “Efektifitas Sistem Pengajaran Pelayanan Bagi Anak Berkesulitan Belajar”. Surakarta.
A. Kirk 1986. “ Educating Exceptional Children “. Boston: Houghton Mifflin Company.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1996. “ Kurikulum Pendidikan Dasar”. Jakarta.
Dimyati Mahmud, 1992. “Strategi Belajar Membaca dan Menulis”. Yogyakarta: Liberty.
Djono R, 1987. “Penilaian Layanan Bimbingan di Sekolah “. Surakarta.
Fx. Soedarsono, 1997. “Pengajaran Remedial”. Jakarta: Gramedia.
Hamalik, 1980. “Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar “. Bandung: Tap Site.
Harsono Hutojo, 1998. “Belajar Mengajar Matematika “. Bandung: CV. Angkasa.
JI. Pasaribu dan Simanjutak, 1994. “Proses Belajar Mengajar “. Bandung: Tap Site.
Mahmud Ali Yahya, 1991. “Belajar Membaca dan Menulis “. Jakarta: Bina Aksara.
Marika Subrata dan Munzayanah, 1992. “Remedial Teaching”. Surakarta UNS.
Moh. Suryo dan Moh. Armen 1989. “Pengajaran Remedial”. Jakarta. Muchtar
Bukhori, 1995. “Pengantar Psikologi Pendidikan” Bandung: Jarmare.
Mulyono Abdurrohman, “Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belmar Jakarta: Depdikbud.
Muhibbin Syah, 1995. “Psikologi Pendidikan “. Yogyakarta: Andi Offset.
Ngalim Purwanto 1990. “Psikologi Pendidikan “. Bandung: Remaja Rosdakar
Nasution, 1995. “Didaktik Asas-Asas Mengajar “. Bandung: Jemmars. Oemar
Hamalik, 1980. “Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan “. Banduri_
Slameto, 1995. “Proses Belajar Mengqjar Dalam Sistem Kredit “. Jakarta: Bumi Aksara
Sri Hartati P. H. 1992. “Pengajaran Remedial”. Yogyakarta: PT. Mitra Gama Widya.
Sunardi, 1997. “Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar”. Surakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan: UNS.
Supardi, 1997. “Belajar Mengajar Matematika” Jakarta: Bina Aksara.
Sutartinah Tirtonegoro, 1998. “Anak Supernormal dan Program Pendidikan Jakarta: PT. Bina Aksara.
Syaiful Bakri Djamarah, 1994. “Pendidikan Membaca dan Menulis “. Yogyakarta: Liberty.
Winarno Surakhmad 1986. “Pengantar Interaksi Belajar Mengajar”. Bandung Tarsito.
Winkel W.S. 1984. “Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar”. Jakarta: Gramedia.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar