PTK SD 125 : Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Prestasi dan Penguasaan Materi Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas ………….. Tahun Pelajaran ....
ABSTRAK
…………………., .....
Efektivitas Pembelajaran Kontekstual Model Pengajaran Berbasis Masalah
Dalam Meningkatkan Prestasi dan Penguasaan Materi Pelajaran IPA Pada
Siswa Kelas ………….. Tahun Pelajaran ....
Kata Kunci: pelajaran IPA, kontekstual, basis masalah
Untuk
bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar,melihat,
mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain.
Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan
sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba
mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut
pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research)
sebanyak tiga putaran. Setian putaran terdiri dari empat tahap yaitu:
rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran
penelitian ini adalh siswa kelas ………………………………….. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari
hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (64,00%),
siklus II (76,00%), siklus III (88,00%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual berbasis masalah
dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………,
serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu
alternative pembelajaran IPA.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. ..... Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Dayan, Anto. 1972. Pengantar Metode Statistik Deskriptif, tt. Lembaga Penelitian Pendidian dan Penerangan Ekonomi.
Hadi, Sutrisno. 198. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Melvin, L. Siberman. 2004. Aktif Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2000. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2000. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar