PTK SD 124 : Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas ………………. Tahun Pelajaran ……
ABSTRAK
…………………, 2004. Meningkatkan
Prestasi dan Motivasi Belajar IPA Dengan Menerapkan Pengajaran
Berbasis Inkuiri Pada Siswa Kelas ………………. Tahun Pelajaran ……
Kata Kunci: pembelajaran ipa, pengajaran berbasis inkuiri
Untuk bisa mempelajari
sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan
pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma
itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan
cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan
keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah
mereka dapatkan.
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah
peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pengajaran
berbasis inkuiri? (b) Bagaimanakah pengaruh model pengajaran berbasis
inkuiri terhadap motivasi belajar siswa?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui
seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPA setelah
diterapkannya pengajaran berbasis inkuiri. (b) Ingin mengetahui
pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan pengajaran berbasis
inkuiri.
Penelitian ini menggunakan
penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap
putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan
pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa
kelas ……………………. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar
observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan
bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai
siklus III yaitu, siklus I (62,50%), siklus II (75,00%), siklus III
(87,50%).
Simpulan dari penelitian ini
adalah metode pengajaran berbasis inkuiri dapat berpengaruh positif
terhadap motivasi belajar Siswa ………………………………, serta model pembelajaran
ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Ali, Muhammad. 1996. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindon.
Daroeso, Bambang. 1989. Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.
Hadi, Sutrisno. 1982. Metodologi Research, Jilid 1. Yogyakarta: YP. Fak. Psikologi UGM.
Melvin, L. Siberman. 2004. Active Learning, 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nusamedia dan Nuansa.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi, dkk. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press).
Riduwan. 2004. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Surakhmad, Winarno. 1990. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar