Selasa, 29 Desember 2015

PTK SD 213 = Pd 815 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Speed Reading Pada Siswa Kelas V MI XXX Tahun Pelajaran 2012/2013

 PTK SD 213 = Pd 815 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Metode Speed Reading Pada Siswa Kelas V MI XXX Tahun Pelajaran 2012/2013


ABSTRAK




Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca melalui metode Speed Reading pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah XXX tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan pada semester Gasal tahun pelajaran 2012/2013 selama 4 bulan, yakni mulai bulan Mei-Agustus 2012.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan alat pengumpulan data meliputi butir soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Speed Reading dapat meningkatkan kemampuan membaca  pada siswa kelas V MI XXX tahun pelajaran 2012/2013.  Indikator peningkatan kemampuan membaca ini ditunjukkan dengan kenaikan rata-rata kemampuan membaca, yaitu pada pra siklus = 68,4 kpm;  pada siklus I = 81,4; dan pada siklus II = 106,7  kpm. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan ataupun rujukan bagi guru yang menghadapi persoalan dalam pembelajaran membaca cepat. Hal ini dikarenakan penelitian ini telah terbukti mempunyai pengaruh positif, yakni dengan meningkatnya kemampuan membaca bagi siswa kelas V MI XXX
Kata kunci: Kemampuan, Membaca, dan metode Speed Reading



DAFTAR PUSTAKA


Abdurrahman,  Mulyono. 2003. Pendidikan  Bagi  Anak  Berkesulitan  Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Afifuddin dan Beni A S. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Harsono, Adhitia Putra. 2011. “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Isi Teks melalui Metode Membaca Cepat (speed reading) di Kelas IV SDN Kembangarum Kabupaten Blitar”. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.
Nasution, Farid 2001. Hubungan Metode Mengajar dan Prestasi Belajar : Jurnal Ilmu Pendidikan. Februari  2001. Jilid 8 No.1.
Noer, Muhammad. 2010. Speed Reading for Beginner. http://www.MuhammadNoer.com. Di unduh  28 Mei 2012 pukul 20.45 WIB.
Nurhadi. 1987. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru dan YA3 Malang.
Nurhayati, Fifin. 2009. “Penggunaan Metode Speed Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas V Pelajaran Bahasa Indonesia SDN Sumbersari 1 Lowokwaru Malang”. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.
Pandawa, Nurhayati, Hairudin dan Mislinatul S. 2009. Pembelajaran Membaca. Jakarta: Depdiknas.
Potter, Donald L. 2003. Language Learning,:Reading, Teaching Beginners. Published in A Cyclopedia of Education : University of California
Pratiti, Nur 'Aini. 2010. “Peningkatan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Membaca Cepat melalui Metode Speed Reading pada Siswa Kelas IV SDN Pakisaji 02 Malang“. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.
Suhardjono. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabheta.



Slamet, St.Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: LPP UNS.
Suwandi, Sarwiji. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.Warseno, Agus dan Ratih Kumorojati. 2011. Super Learning. Jogjakarta: Diva Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiraatmaja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ziauddin Khand. 2004. Teaching Reading Skills: Problems & Suggestions. Journal of Research (Faculty of Languages & Islamic Studies)  Vol.5. Shah Abdul Latif University Khairpur.
www.saunganggie. blogspot.com/2009



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar