Selasa, 15 Desember 2015

PTK SD 159 = Pd 682: Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II di MI XXX Tahun Pelajaran 2010/ 2011.

 PTK SD 159 = Pd 682: Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II di MI XXX Tahun Pelajaran 2010/ 2011.



ABSTRAK 
XXX Upaya Perbaikan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan AKS (active knowledge sharing) Pada Siswa Kelas IV Semester II di MI XXX Tahun Pelajaran 2010/ 2011.
Kata Kunci: pembelajaran, IPS, pendekatan, AKS
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya respon dari sekolah terhadap kondisi belum baiknya prestasi belajar siswa kelas IV dibidang IPS yang dilihat dari aspek nilai rata-rata kelas serta ketuntasan belajar siswa. Kondisi ini menuntut MI XXX untuk mengejar kualitas dalam rangka meningkatkan daya saing sekolah, melalui pengembangan strategi pembelajaran AKS.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran IPS Kelas IV Semester II diperbaiki dengan pendekatan AKS, (2) Tingkat efektivitas proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan dengan pendekatan AKS.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian dilakukan dengan dua siklus, yaitu siklus I dan II. Pelaksanaan penelitian adalah pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011, dengan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran IPS yang selama ini dilaksanakan secara konfensional dapat diperbaiki dengan AKS. Perbaikan dalam AKS mencakup perbaikan motivasi belajar siswa, perbaikan kemandirian siswa dalam belajar, perbaikan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar, perbaikan pembentukan kerja sama dalam belajar, dan perbaikan susasana pembelajaran yang lebih menyenangkan. (2) Pembelajaran AKS terbukti efektif, yang terlihat dari tingginya aktivitas siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, tidak adanya siswa yang memiliki prestasi rendah akibat terjadi transformasi pengetahuan dan pengalaman dari dua arah yaitu dari siswa kepada siswa dan dari guru kepada siswa, serta tingginya peningkatan prestasi belajar siswa.



DAFTAR PUSTAKA
Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya Remaja.
AH. Akhdianto dan Apriella Sayogyani. 2010. Metode Penelitian Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Ahmad Hermawan. 2008. Pengembangan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Allen, E. E. (1995). Active learning and teaching: Improving post-secondary library instruction. Reference Librarian, no. 51/52. 
Anderson, Bloom, 1994.  Social knowledge. Diterjemahkan oleh Hanafi. Jakarta: Gramedia
Aris Purwanto. 2010. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Active Knowlegde Sharing pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Tesis S2. (Studi kasus di SMP Al Islam Kalijambe). Yogyakarta: UNY
Asbullah Hanafi. 2006. Problematikan Pendidikan Nasional Indonesia dan Gagasan Berbasis Syariah. Jurnal Educationist No III Vol I Edisi Maret, 2006. ISBN 12878-6555
Badri Rhofiki. 2009. Pengaruh Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di SDN Ardisaeng 1 Bondowoso. Online: http://digilib.sunan-ampel.ac. id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--badrirhofi-8237/ diakses tanggal 05 Mei 2010
Bonwell, C. C. and Eison, J. A. (1991). Active learning: Creating excitement in the classroom. Washington, DC: George Washington University. 
Branscomb, H. (1940). Teaching with books: A study of college libraries. Chicago: American Library Association and Association of American Colleges. 
BSNP, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega, 1990. Strategi Belajar Mengajar (Diktat Kuliah). Bandung: FPTK-IKIP Bandung.
Dabbour, K. S. (1997). Applying active learning methods to the design of library instruction for a freshman seminar. College & research libraries, 58 (July), pp. 299-308. 
Depag, 2005. Al-Qur’an dan Terjemah. Semarang: Aneka Ilmu
Enok Maryani. 2010. Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Journal of Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI. Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional, (Bandung : Remaja Rosda Karya), 2008, hlm. 95
E. Mulyasa, 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
H.A. Tilaar. 2004. Manifesto Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Buku Kompas
Hendrawati Maryani. 2010. Pendekatan Jigsaw untuk Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Educationist No II Vol. 11, Januari 2010.
Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Hisyam Zaini. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD IAIN Sunan Kalijaga
Miles, Matthew B. dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press
Mhrizal Defli. 2008. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Rahardjo Samadhi. 2007. Psikologi Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto, 1999. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Wina Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Syaiful Sagala, 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
Sjamsuddin, H dan Maryani, E, 2008. “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial” . Makalah pada Seminar Nasional, Makasar.
Sutaryo.2008. Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing. Bondowoso: KGPAI Kabupaten Bondowoso
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Jakarta: Depdiknas
UNDP, 2007. Laporan Pencapaian Millenium Goals Indonesia. Jakarta: BPPN
Udin S. Winataputra. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Yi, Gloria. 2008. Beyond Sharing : Engaging Students in Cooperative and Competitive Active Learning. International Journal of Educational Technology and Society Vol. 11 (3)
Yudhi Munadi. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan baru. 2010. Jakarta: Gaung Persada Press
Yusnita Anggraeni. 2008. Pelaksanaan Pembelajaran Active Learning pada Siswa Kelas X Program Akselerasi SMA Negeri 1 Surakarta. Tesis S2. Surakarta: UNS




Untuk mendapatkan file lengkap hubung/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar