Sabtu, 19 Desember 2015

PTK SD 172 = Pd 734 : Peningkatan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD xxx)

 PTK SD 172 = Pd 734 : Peningkatan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD xxx)


ABSTRAK




Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran 2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD Negeri Kutoharjo VI telah mengalami peningkatan respon siswa terhadap matematika, yaitu: 1) kesiapan siswa menerima pelajaran dari 30,3% hingga meningkat mencapai 87,1%, 2) siswa yang membawa buku paket dari 21,2% hingga meningkat mencapai 83,9%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/ PR dari 66,7% hingga meningkat mencapai 87,1%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan belajar mengajar dari 33,3% hingga meningkat mencapai 80,6%, serta 5) siswa yang mencatat hasil pembahasan dari 57,6%, hingga meningkat mencapai 93,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pola latihan interaktif dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon siswa mencapai 75%.
Kata kunci: respon-siswa, pembelajaran-matematika, pola-latihan-interaktif.




DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
AM, Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Gedler, Margaret E.Bell. 1994. Belajar Dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
______________. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudoyo, Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP.
Indrasari, Renni. 2006. Peningkatan Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PAKEM (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Ngemplak Lasem Rembang). Skripsi. Surakarta: FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
J. Dross. 2006. Dari KBK Sampai MBS. Jakarta: Buku Kompas.
Lestariningsih, Eko Puji. 2004. Pendekatan Pemecahan Masalah Dengan Pola Latihan Interaktif Sebagai Alternatif Mengatasi Kesalahan Dalam Belajar Matematika Pokok Bahasan Program Linear. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
Miles, MB dan Huberman AM. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta:UIP.
Moleong, Lexy J. 1990. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muslimah, Nana. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kels IV SDN 2 Belang Wetan). Skripsi. Surakarta:FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
Paulina, Panen. 2002. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Purwanto, Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi.1998. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sari, Sugi Ratna. 2005. Peningkatan Respon Siswa Melalui Pendayagunaan Alat Bantu Ajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas I Semester II SMP Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 200412005). Skripsi. Surakarta: UMS (Tidak dipublikasikan).
Supardjo. 2004. Matematika Gemar Berhitung Untuk Kelas 4 SD Dan MI. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Sriyono, dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama. 2000. Peningkatan Efektivitas Belajar Matematika Melalui Pembenahan Gaya Mengajar Guru di SLIP 18 Surakarta. Tesis Yogyakarta: Program Pasca Sadana LTNY (Tidak dipublikasikan).
Syaodih Sukmadinata, Nana. 1997. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim Bina Karya Guru. 2004. Terampil Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV. Jakarta: Erlangga.
Tim Penyusun. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uzer Usman, Moh. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wulandari, Erna. 2005. Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soar Matematika Bentuk Cerita Yang Menggunakan Pembelajaran Dengan Pola Latihan lnterakhf dan Konvensional. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar