PTK SD 172 = Pd 734 : Peningkatan Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pola Latihan Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD xxx)
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk
meningkatkan respon siswa dalam pembelajaran matematika sampai 75%. Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN Kutoharjo VI Rembang tahun ajaran
2006/2007 yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan review. Analisis
data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode
alur. Hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas IV SD
Negeri Kutoharjo VI telah mengalami peningkatan respon siswa terhadap
matematika, yaitu: 1) kesiapan siswa menerima pelajaran dari 30,3% hingga
meningkat mencapai 87,1%, 2) siswa yang membawa buku paket dari 21,2% hingga
meningkat mencapai 83,9%, 3) siswa yang mempersiapkan tugas/ PR dari 66,7%
hingga meningkat mencapai 87,1%, 4) siswa yang konsentrasi mengikuti kegiatan
belajar mengajar dari 33,3% hingga meningkat mencapai 80,6%, serta 5) siswa
yang mencatat hasil pembahasan dari 57,6%, hingga meningkat mencapai 93,5%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pola latihan interaktif dalam
pembelajaran matematika dapat meningkatkan respon siswa mencapai 75%.
DAFTAR PUSTAKA
Abdurrahman,
Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
AM,
Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT
Raja Grafindo Persada.
Arikunto,
Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Rineka Cipta.
Dimyati
dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta.
Gedler,
Margaret E.Bell. 1994. Belajar Dan Membelajarkan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Hamalik,
Oemar. 1995. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
______________.
2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hudoyo,
Herman. 1990. Mengajar Belajar Matematika. Malang: IKIP.
Indrasari,
Renni. 2006. Peningkatan Respon Siswa Pada Pembelajaran Matematika Melalui
Pendekatan PAKEM (PTK Pembelajaran Matematika Kelas IV SDN Ngemplak Lasem
Rembang). Skripsi. Surakarta: FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
J.
Dross. 2006. Dari KBK Sampai MBS. Jakarta: Buku Kompas.
Lestariningsih,
Eko Puji. 2004. Pendekatan Pemecahan Masalah Dengan Pola Latihan Interaktif
Sebagai Alternatif Mengatasi Kesalahan Dalam Belajar Matematika Pokok Bahasan
Program Linear. Skripsi. Surakarta: FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
Miles,
MB dan Huberman AM. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta:UIP.
Moleong,
Lexy J. 1990. Metologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Muslimah,
Nana. 2006. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika
Melalui Pola Latihan Interaktif (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kels IV SDN
2 Belang Wetan). Skripsi. Surakarta:FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
Paulina,
Panen. 2002. Belajar dan Pembelajaran I. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka.
Purwanto,
Ngalim. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi.1998.
Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran
Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sari,
Sugi Ratna. 2005. Peningkatan Respon Siswa Melalui Pendayagunaan Alat Bantu
Ajar Matematika (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas I Semester II SMP Negeri
6 Surakarta Tahun Pelajaran 200412005). Skripsi. Surakarta: UMS (Tidak
dipublikasikan).
Supardjo.
2004. Matematika Gemar Berhitung Untuk Kelas 4 SD Dan MI. Solo: PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
Sriyono,
dkk. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutama.
2000. Peningkatan Efektivitas Belajar Matematika Melalui Pembenahan Gaya
Mengajar Guru di SLIP 18 Surakarta. Tesis Yogyakarta: Program Pasca Sadana LTNY
(Tidak dipublikasikan).
Syaodih
Sukmadinata, Nana. 1997. Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tim
Bina Karya Guru. 2004. Terampil Berhitung Matematika Untuk SD Kelas IV.
Jakarta: Erlangga.
Tim
Penyusun. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Uzer
Usman, Moh. 2005. Menjadi Guru Professional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wulandari, Erna. 2005. Perbedaan
Prestasi Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soar Matematika Bentuk Cerita Yang Menggunakan
Pembelajaran Dengan Pola Latihan lnterakhf dan Konvensional. Skripsi.
Surakarta: FKIP UMS (Tidak dipublikasikan).
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi / sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar