PTK SD 192 : Penggunaan Metode Bermain Jawaban (Card Sort) Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pkn Kelas V Sdn xxxTahun 2008/2009
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi karena Pendidikan kewarganegaraan di tingkat
Sekolah Dasar bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam memahami kaidah
pendidikan kewarganegaraan, serta memberi bekal kemampuan untuk mengikuti
pendidikan pada jenjang pendidikan selanjutnya. Adapun
masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Metode Bermain Jawaban (Card
Sort) Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
PKn Siswa Kelas V SD xxx Tahun
2008/2009? Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan dibantu kolaborator penelitian yakni guru kelas V
untuk membantu mengumpulkan data. Subjek penelitian ini adalah siswa laki-laki
dan perempuan kelas V SD xxx. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus,
masing-masing siklus / siklus terdiri dari tahapan 1) perencanaan, 2)
pelaksanan/tindakan, 3) Pengamatan dan Hasil Pengamatan Tindakan dan Refleksi.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pembelajaran dengan metode Bermain Jawaban (Card
Sort) dapat meningkatkan
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran adapun keaktifan siswa adalah
keaktifan dalam mencari pasangan sebanyak 100% atau 16 siswa, dan kerjasama kelompok yang mencapai 69,4 % atau 11
siswa, dan keaktifan dalam mengemukakan jawaban sebanyak 41,6% atau sebanyak 5
orang, menjelaskan pokok bahasan setiap siswa pemegang kartu membacakan
kartunya, yaitu 100% dari jumlah siswa 16 orang. Dan bertanya sebanyak 50 % atau 8 orang siswa. Keaktifan siswa dalam proses
pembelajaran materi pelaksanaan demokrasi meningkat dari kondisi awal dari
11,11% yang aktif bertanya dan mampu menjawab setiap ada pertanyaan dan pada
putaran I sebanyak 60,00% siswa, pada putaran
II sebanyak 12 atau 72,22% siswa.
Kata Kunci : Bermain jawaban, keaktifan, proses
belajar
DAFTAR PUSTAKA
Alim,
Muhammad. 2001. Demokrasi dan Hak Asasi Manusia Dalam Konstitusi Mandinah
Dan Undang-undang 1945. Yogyakarta: UII
Arikunto,
Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,
Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ja-karta:
Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi dkk. 2006. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri.
2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
International Commision Of
Jurits. 2009 Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (
http://id.wikipedia.org/wiki/demokrasi.)
(Diakses pada 02 Februari 2009 Pukul 22.30 WIB)
Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyoasih. 2007. Penerapan Guided Note Taking
Dengan Bantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Matematika
Siswa (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura Tahun
Pelajaran 2006/2007) (Skripsi S-1). Surakarta: FKIP. UMS.
Nawawi,
Hadari dan M. Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosi-al. Yogyakarta:
Gajah Mada University Press.
Pasaribu dan Simanjuntak. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bamdung:
Transitu.
Sardiman. 2007. Interaksi
dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Gra-findo Persada.
Silberman, Mel. 1996. Active
Lerning. 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani
Sudjana, Nana. 1988. Dasar-dasar
Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suryabrata, Sumadi. 1991. Metodologi Penelitian.
Jakarta: Rajawali Pers.
Suwandi, Sarwiji dan Madyo
Ekosusilo. 2007. Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Surakarta: Panitia
Sertifikasi Guru Rayon 13.
Tim
Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan.1990. Kamus Besar Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim
Penyusun Silabus PKn. 2006. Silabus PKn Tingkat SMP. Pacitan: MGMP PKn
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar