Senin, 21 Desember 2015

PTK SD 201 = Pd 791 : Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PTK Kelas IV MIM XXX Tahun Pelajaran 2009/2010)

 PTK SD 201 = Pd 791 : Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PTK Kelas IV MIM XXX Tahun Pelajaran 2009/2010)



ABSTRAK



                Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM  XXX melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV MIM XXX dan subyek yang melakukan tindakan adalah guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara langsung,  tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan yang diukur melalui indikator pemahaman sebagai berikut : a)  kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan diawal tindakan   (61%) dan diakhir tindakan (77%), b) kemampuan menjelaskan  materi pecahan di awal tindakan (61%) dan diakhir tindakan  (83%), c) kemampuan mengerjakan soal diawal tindakan (66%) dan diakhir tindakan  (77%), d)  kemampuan siswa dalam memberi contoh soal diawal tindakan (55%) dan di akhir tindakan  (72%), e) keberanian siswa dalam bertanya diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan  (72%), f)  kemampuan siswa dalam membedakan pecahan diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (77%), g) kemampuan siswa dalam menulis kembali diawal tindakan  (83%) dan diakhir tindakan (94%), h) kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (83%), i) jumlah siswa yang tuntas dalam belajar diawal tindakan ( 61% ) dan diakhir tindakan ( 94% ). Dengan demikian, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV MIM XXX Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Kata kunci : Indikator pemahaman, Matematika Realistik, Pemahaman Siswa.





DAFTAR PUSTAKA
Agus,  S.  2009.  Cooperatif Learning.  Yogyakarta :  Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan–SD. Jakarta : Depdiknas.
Djiwandono, S.  2002. Psikologi Pendidilan.  Jakarta :  PT Grasindo.
Mangatur.  2004. Terampil Berhitung Matematika. Jakarta : Erlangga.
Michael.  2006.  Metode  Evaluasi KualitatifYogyakarta : Pustaka Pelajar.
Muhhibin.  2004.  Psikologi pendidikan.  Bandung : Rosdakarya.
Mukh  Doyin.  2008. “ Pengembangan Media Pembelajaran, “ dalam makalah 24 Januari 2008,  hal. 4.
Mursell.  2006. Mengajar dengan SuksesJakarta :  Bumi Aksara. 
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar.  Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nona.  2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:  Rosdakarya.
Saifuddin, Azwar.  2007. Metode Penelitian.  Yogyakarta :  Pustaka Pelajar.
Sundari, 2009. Pendekatan Pembelajaran Matemtika Realistik (PMR) dengan Menggunakan Media Lokal, Kreativitas Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Saqala, Syaiful. 2008.  Konsep Dan Makna Pembelajaran.  Bandung : Alfadeta.
Sutama dan Sufanti. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulis Karya Ilmiah. Surakarta :  UMS.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.  2005.  Kamus Besar Bahasa Indonesia.  Jakarta  : Balai pustaka.
Widyastuti.  2007. “ Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal pada SD 01 Surakarta.“ Skripsi  Surakarta : Universites Muhammadiyah Surakarta.
Zainurie. 2007. “Pembelajaran Matematika Realistik “, ( http:iizainurie word press.com ).  Diakses pada tanggal 14 Maret 2010.
Aqip, Zainal.  2009.  Penelitian Tindakan Kelas. Bandung :  CV Yrama widya.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar