PTK SD 201 = Pd 791 : Peningkatan Pemahaman Konsep Pecahan Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PTK Kelas IV MIM XXX Tahun Pelajaran 2009/2010)
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep
pecahan dalam mata pelajaran matematika kelas IV MIM XXX melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika
Realistik. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV
MIM XXX dan subyek yang melakukan tindakan adalah guru kelas IV. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara langsung, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu teknik analisis kritis dan analisis komparatif. Hasil
penelitian ini adalah adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan yang diukur melalui
indikator pemahaman sebagai berikut : a)
kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan diawal tindakan (61%) dan diakhir tindakan (77%), b)
kemampuan menjelaskan materi pecahan di
awal tindakan (61%) dan diakhir tindakan
(83%), c) kemampuan mengerjakan soal diawal tindakan (66%) dan diakhir
tindakan (77%), d) kemampuan siswa dalam memberi contoh soal
diawal tindakan (55%) dan di akhir tindakan
(72%), e) keberanian siswa dalam bertanya diawal tindakan (55%) dan
diakhir tindakan (72%), f) kemampuan siswa dalam membedakan pecahan
diawal tindakan (55%) dan diakhir tindakan (77%), g) kemampuan siswa dalam
menulis kembali diawal tindakan (83%)
dan diakhir tindakan (94%), h) kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi diawal
tindakan (55%) dan diakhir tindakan (83%), i) jumlah siswa yang tuntas dalam
belajar diawal tindakan ( 61% ) dan diakhir tindakan ( 94% ). Dengan demikian,
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Matematika
Realistik dapat meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV MIM
XXX Tahun Pelajaran 2009 / 2010.
Kata kunci : Indikator
pemahaman, Matematika Realistik, Pemahaman Siswa.
DAFTAR
PUSTAKA
Agus,
S. 2009. Cooperatif
Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan–SD. Jakarta : Depdiknas.
Djiwandono, S.
2002. Psikologi Pendidilan. Jakarta
: PT Grasindo.
Mangatur. 2004. Terampil Berhitung Matematika. Jakarta : Erlangga.
Michael. 2006. Metode
Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Muhhibin. 2004. Psikologi
pendidikan. Bandung : Rosdakarya.
Mukh Doyin.
2008. “ Pengembangan Media
Pembelajaran, “ dalam makalah 24 Januari 2008, hal. 4.
Mursell. 2006. Mengajar
dengan Sukses. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sudjana, Nona. 2009. Penelitian
Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.
Saifuddin, Azwar. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta
: Pustaka Pelajar.
Sundari, 2009. Pendekatan Pembelajaran Matemtika Realistik (PMR)
dengan Menggunakan Media Lokal, Kreativitas Penggunaan Media dalam Pembelajaran
Matematika. Skripsi. Surakarta : Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
Saqala, Syaiful. 2008. Konsep
Dan Makna Pembelajaran. Bandung :
Alfadeta.
Sutama dan Sufanti. 2009. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulis Karya Ilmiah. Surakarta
: UMS.
Tim Penyusun Kamus Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta
: Balai pustaka.
Widyastuti. 2007. “ Pengembangan Model Pembelajaran
Matematika Realistik Berbasis Media dan Berkonteks Lokal pada SD 01 Surakarta.“ Skripsi Surakarta : Universites
Muhammadiyah Surakarta.
Zainurie. 2007. “Pembelajaran Matematika Realistik “, ( http:iizainurie
word press.com
). Diakses pada tanggal 14 Maret 2010.
Aqip, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung
: CV Yrama widya.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar