PTK SD 141 = Pd 028 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BUSUR DERAJAT, PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI xxx TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005
ABSTRAK
xxxxxxxxxxx. “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN
PENGGUNAAN ALAT PERAGA BUSUR DERAJAT, PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI xxx TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005”.
Skripsi, Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas
Maret Surakarta, 2005.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bahwa penggunaan alat
peraga dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas IV di SDN 2
Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Mengetahui bahwa penggunaan
alat peraga dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV di SDN 2 Kedungsari
Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.(3) Mengetahui adanya hambatan yang ditemui
dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari
Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi
tindakan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian
dilakukan di SD 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Variabel dalam
penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel bebas “Alat
Peraga Busur Derajad” sedangkan variabel terikat “Prestasi Belajar Matematika”.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Kecamatan
Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005 sejumlah 11 siswa. Sampel
diambil dengan teknik sampling jenuh (sensus) sejumlah 11 siswa.
Penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan menggunakan metode
berkelanjutan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) melakukan
identifikasi masalah, (2) melakukan analisis masalah dan perumusan masalah, (3)
formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan, dan (4) analisis kelaikan
solusi.
Berdasarkan
hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, temyata hipotesis
tersebut dapat diterima, artinya bahwa ternyata alat peraga Busur Derajad dapat
meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SD 2 Kedungsari
Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004 / 2005. Hal ini terbukti
mayoritas siswa telah menggunakan alat peraga Busur Derajad dalam pembelajaran
mengukur.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan hal-hal sebagai berikut (1)
Sekolah hendaknya meningkatkan pengadaan berbagai alat-alat peraga Matematika
baik droping maupun swadaya sekolah. Sehingga bisa lebih menunjang dalam
penanaman konsep-konsep dalam pembelajaran Matematika lebih nyata sekaligus
aktivitas siswa lebih meningkat dan memberdayakan alat peraga Busur Derajad;
(2) Guru hendaknya mempersiapkan secara cermat langkah-langkah pembelajaran
Matematika dengan menggunakan alat peraga Busur Derajad apabila mengajarkan
pokok bahasan mengukur besarnya sudut dalam suatu bidang. Hal ini, dikarenakan
sangat mempengaruhi proses pembelajaran Matematika agar lebih efektif dan
efisien; (3) Siswa hendaknya benar-benar memahami penggunaan alat peraga Busur
Derajad dalam pembelajaran Matematika sehingga mampu menggukur besarnya sudut
pada suatu bidang yang akan diukur.
DAFTAR PUSTAKA
Amir Hamzah Sulaiman. 1991. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta : Djambatan.
Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta
: Rajawali Press.
Anton Sukarno. 1994. Efektititas Sistem Pengajaran
Pelayanan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta. Tiga Serangkai.
Aswan Zaim. 2000.
Strategi Belajar Mengajar. Semarang. Gramedia.
Bukhori, M. 1991. Pengantar
Psikologi Pendidikan, Bandung : Jenmars
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-garis Besar
Program Pengajaran (GBPP,) Kelas IV, V; dan VI. Jakarta : Dikmenum
__________________ 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta
: Balaipustaka.
___________________ . 1995. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan
di Sekolah Dasar. Jakarta.
_____________________ . 1994. Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun . Jakarta
: Duta Nusindo Jakarta.
Depdinas. 2003. Petunjuk
Peningkatan Mutu dan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta :
Dikmenun
Djamarah. 2002. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djoko Museno. 2000.
Mari Berhitung. Jakarta : Dinas Pendidikan Nasional.
Diwandono. 1996. Penilaian
Pendidikan. Jakarta. Unversitas Terbuka. Dirjen
Dikdasmen. 1997. Matematika
Dasar. Jakarta : Balaipustaka.
Endang Retno. W.
2002. Metode Penelitian Kelas. Semarang : Unnes.
Herman Hudojo 1998.
Interaksi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Angkasa.
Hudojo. 1998. Belajar
Mengajar Matematika, Bandung : CV. Angkasa.
Karso. 2003. Kapita
Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Kasbolah. 1999. Metdodik
Dedaktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Moeliono. 2000. Didaktik / Metode Umum. Jakarta : Rineka
Cipta.
Milles and Huberman. 2000. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Percetakan Muhammadiyah.
Moleong. L.J. 2001. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung
: PT. Remaja
Rosdakarya. Moleong .L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitat f. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Muhibbin Syah. 1995. Desain Instruksional. Solo : Yudistira.
Muhammad All. 1987. Prosedur
Penelitian Kualitatif. Jakarta : Balaipustaka.
Muchtar. 2004. Matematika
Jilid II. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nana Sudjana. 2001. Cara
Belajar Siswa Aktij dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Depdikbud.
Nasution. 1997. Asas-asas
Kurikulum. Bandung : Jemmars.
Ngadino Y, 2003.
Media Pembelajaran. Surakarta.
Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nursid Sumaadmadja. 2003. Konsep Dasar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Oemar Hamalik. 1980. Metodologi Pengajaran Ilmu
Pendidikan. Bandung.
Ruseffendie. 1993. Matematika
3. Jakarta : Universitas Terbuka.
Slameto. 1995. Belajar
dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, 1990. Prosedur
Penelitian kualitatif: Bandung : Eksakta
Sumantri. 2001. Matematika
Dasar I. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sumantri dan Permana. 200 I. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelejaran Matematika pada Tingkat
Sekolah Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sunardi, 1997. Mengenal
Siswa Berkesulitan Belajar. Surakarta Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan. UNS.
Sutartinah Tirtonegoro. 1999. Anak Supernormal dan Program pendidikan. Jakarta ; PT Bina
Aksara.
Suyitno. 2001. Pembelajaran Matematika. Bandung, Erlangga.
______________. 2000. Petunjuk Teknis Matematika. Bandung.
Erlangga.
Wahyudin. 2003. Ensiklopedi Matematika untuk SLTP.
Jakarta. CV. Tarity Samudra Berlian.
Winkel W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi
Belajar. Jakarta. Gramedia.
Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar