Rabu, 09 Desember 2015

PTK SD 141 = Pd 028 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BUSUR DERAJAT, PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI xxx TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005

 PTK SD 141 = Pd 028 : PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BUSUR DERAJAT, PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI xxx TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005




ABSTRAK
xxxxxxxxxxx. “PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA BUSUR DERAJAT, PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI xxx TAHUN PELAJARAN 2004 / 2005”. Skripsi, Surakarta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2005.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas IV di SDN 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. (2) Mengetahui bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan prestasi siswa kelas IV di SDN 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.(3) Mengetahui adanya hambatan yang ditemui dalam meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan strategi tindakan berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SD 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas dan terikat. Variabel bebas “Alat Peraga Busur Derajad” sedangkan variabel terikat “Prestasi Belajar Matematika”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004/2005 sejumlah 11 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh (sensus) sejumlah 11 siswa.
Penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan menggunakan metode berkelanjutan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) melakukan identifikasi masalah, (2) melakukan analisis masalah dan perumusan masalah, (3) formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan, dan (4) analisis kelaikan solusi.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, temyata hipotesis tersebut dapat diterima, artinya bahwa ternyata alat peraga Busur Derajad dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika siswa kelas IV SD 2 Kedungsari Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2004 / 2005. Hal ini terbukti mayoritas siswa telah menggunakan alat peraga Busur Derajad dalam pembelajaran mengukur.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan hal-hal sebagai berikut (1) Sekolah hendaknya meningkatkan pengadaan berbagai alat-alat peraga Matematika baik droping maupun swadaya sekolah. Sehingga bisa lebih menunjang dalam penanaman konsep-konsep dalam pembelajaran Matematika lebih nyata sekaligus aktivitas siswa lebih meningkat dan memberdayakan alat peraga Busur Derajad; (2) Guru hendaknya mempersiapkan secara cermat langkah-langkah pembelajaran Matematika dengan menggunakan alat peraga Busur Derajad apabila mengajarkan pokok bahasan mengukur besarnya sudut dalam suatu bidang. Hal ini, dikarenakan sangat mempengaruhi proses pembelajaran Matematika agar lebih efektif dan efisien; (3) Siswa hendaknya benar-benar memahami penggunaan alat peraga Busur Derajad dalam pembelajaran Matematika sehingga mampu menggukur besarnya sudut pada suatu bidang yang akan diukur.
DAFTAR PUSTAKA
 Amir Hamzah Sulaiman. 1991. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta : Djambatan.
Arief S. Sadiman. 2003. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : Rajawali Press.
Anton Sukarno. 1994. Efektititas Sistem Pengajaran Pelayanan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Surakarta. Tiga Serangkai.
Aswan Zaim. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Semarang. Gramedia.
Bukhori, M. 1991. Pengantar Psikologi Pendidikan, Bandung : Jenmars
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar Garis-garis Besar Program Pengajaran (GBPP,) Kelas IV, V; dan VI. Jakarta : Dikmenum
__________________ 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balaipustaka.
___________________ . 1995. Petunjuk Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Jakarta.
_____________________ . 1994. Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun . Jakarta : Duta Nusindo Jakarta.
Depdinas. 2003. Petunjuk Peningkatan Mutu dan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta : Dikmenun
Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Djoko Museno. 2000. Mari Berhitung. Jakarta : Dinas Pendidikan Nasional.
Diwandono. 1996. Penilaian Pendidikan. Jakarta. Unversitas Terbuka. Dirjen
Dikdasmen. 1997. Matematika Dasar. Jakarta : Balaipustaka.
Endang Retno. W. 2002. Metode Penelitian Kelas. Semarang : Unnes.
Herman Hudojo 1998. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Angkasa.
Hudojo. 1998. Belajar Mengajar Matematika, Bandung : CV. Angkasa.
Karso. 2003. Kapita Selekta Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Kasbolah. 1999. Metdodik Dedaktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Moeliono. 2000. Didaktik / Metode Umum. Jakarta : Rineka Cipta.
Milles and Huberman. 2000. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Percetakan Muhammadiyah.
Moleong. L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya. Moleong .L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitat f. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muhibbin Syah. 1995. Desain Instruksional. Solo : Yudistira.
Muhammad All. 1987. Prosedur Penelitian Kualitatif. Jakarta : Balaipustaka.
Muchtar. 2004. Matematika Jilid II. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nana Sudjana. 2001. Cara Belajar Siswa Aktij dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Depdikbud.
Nasution. 1997. Asas-asas Kurikulum. Bandung : Jemmars.
Ngadino Y, 2003. Media Pembelajaran. Surakarta.
Ngalim Purwanto. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nursid Sumaadmadja. 2003. Konsep Dasar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Oemar Hamalik. 1980. Metodologi Pengajaran Ilmu Pendidikan. Bandung.
Ruseffendie. 1993. Matematika 3. Jakarta : Universitas Terbuka.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono, 1990. Prosedur Penelitian kualitatif: Bandung : Eksakta
Sumantri. 2001. Matematika Dasar I. Jakarta : Universitas Terbuka.
Sumantri dan Permana. 200 I. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelejaran Matematika pada Tingkat Sekolah Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.
Sunardi, 1997. Mengenal Siswa Berkesulitan Belajar. Surakarta Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. UNS.
Sutartinah Tirtonegoro. 1999. Anak Supernormal dan Program pendidikan. Jakarta ; PT Bina Aksara.
Suyitno. 2001. Pembelajaran Matematika. Bandung, Erlangga.
______________. 2000. Petunjuk Teknis Matematika. Bandung. Erlangga.
Wahyudin. 2003. Ensiklopedi Matematika untuk SLTP. Jakarta. CV. Tarity Samudra Berlian.
Winkel W.S. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta. Gramedia.



Untuk mendapatkan file lengkap hubungi HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar