Kamis, 17 Desember 2015

PTK SD 163: PENGGUNAAN KARTU BILANGAN KALIPATAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2007/2008

 PTK SD 163: PENGGUNAAN KARTU BILANGAN KALIPATAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2007/2008





RINGKASAN
PENGGUNAAN KARTU BILANGAN KALIPATAN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI XXX TAHUN PELAJARAN 2007/2008
            Peningkatan minat dan perhatian siswa sejak awal mulai masuknya di lembaga pendidikan merupakan potensi yang diperlukan dalam pembelajaran untuk meraih peningkatan prestasi belajar. Sejalan dengan itu system pembelajaran yang masih bersifat tradisi dihindarkan. Oleh karena itu dalam kehidupan sehari-hari masalah matematika sudah merupakan kebutuhan yang tidak terhindari. Setiap orang selalu menggunakan matematika dalam setiap kegiatannya.
            Untuk memperoleh hasil yang diharapkan penulis melakukan refleksi terhadap proses pembelajaran dan melalui penggunaan kartu bilangan kalipatan yang merupakan alat yang digunakan untuk menarik minat, dan perhatian siswa dalam pembelajaran konsep dasar perkalian. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengamatan yang diperoleh sebelum penggunaan kartu bilangan kalipatan nilai rata-ratanya pada siklus satu adalah 6,7 dan siklus kedua adalah 7,2. Jadi adanya peningkatan sebesar 0,3 pada siklus satu, dan 0,5 pada siklus kedua. Sedangkan dari hasil tugas harian berupa hasil ulangan, nilai rata-rata diperoleh sebelum penggunaan kartu bilangan kalipatan adalah 5,8 dibandingkan setelah penggunaannya nilai yang diperoleh adalah 8,4 sehingga adanya peningkatan 1,6 dari siklus satu.
            Persentase hasil pembelajaran setiap siklus dari sebelum penggunaan kartu bilangan kalipatan dibandingkan setelah penggunaannya adanya peningkatan yaitu 27,8% sebelum penggunaannya naik menjadi 55% pada siklus satu dan 88,9% pada siklus kedua.
            Dilihat perbandingan dari hasil pembelajaran pada setiap siklus adanya peningkatan hasil pembelajaran dari 18 orang siswa, 14 orang adanya peningkatan yaitu 78% dan hanya 4 orang siswa hasilnya tetap yaitu 22%.
            Dengan demikian bahwa prestasi belajar secara signifikan dipengaruhi oleh motivasi dan semangat belajar rendah baik di sekolah yang merupakan pengembangan system pembelajaran oleh guru, maupun di rumah oleh orang tua sebagai motivasi untuk meningkatkan minat dan kemauan belajar siswa.




DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Mengajar Secara Manusiawi. Jakarta : Rineka Cipta.
…….…, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
…….…, 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Ali, Muhamad. 1992. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindon.
Depdikbud, 1982. Laporan Sementara Studi Perkembangan Kognitif Anak. Jakarta: Depdikbud.
………….., 1995/1996. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Sekolah Dasar Jakarta : Depdikbud.
………….., 1994. Metodik Khusus Pengajaran Berhitung di SD. Jakarta: Ditjen. Dikdasmen Depdikbud.
Dalyono,M. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Erman Suherman, 1993/1994. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika Model I Sampai VI. Depdikbud dan UT Jakarta.
Ibrahim. Ct al. 1992. Pengantar Teknologi Pendidikan Malang : Lab Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP IKIP Malang.
Netra, Drs.Ida Bagus, 1979.Metodologi Penelitian. Singaraja : Universitas Udayana.
Nurkancana, Drs. Wayan dan Drs. P.P.N. Sumartana, 1986. Evaluasi Pendidikan Surabaya : Usaha Nasional.
Nasution,Joehi, 1993. Materi Pokok Psikologi Pendidikan Jakarta : Universitas Terbuka.
Russefend dkk. 1992. Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Tinggi.
Robinson,D.N.Adjai. 1998. Azas-azas Praktek Mengajar Kriteria Baru dalam Program Pengajaran. Terjemahan George Allen dan Unwin.Princiles and Practice of Teaching 1980. Jakarta : Bharata.
Suryobroto,B.1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Soedjadi R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Singajraja.
Surakhmad,M.Sc.Ed.Prof.Dr. Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar Metode Teknik. Bandung : Tarsito.




Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar