Senin, 21 Desember 2015

PTK SD 210 = Pd 810 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas V SDN XXX Tahun Pelajaran 2012/2013

 PTK SD 210 = Pd 810 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas V SDN XXX Tahun Pelajaran 2012/2013


ABSTRAK



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara melalui metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SDN XXX  Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan pada semester Gasal tahun pelajaran 2012/2013 selama 4 bulan, yakni mulai bulan Mei-Agustus 2012.  Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan alat pengumpulan data meliputi butir soal tes. Hasil penelitian dipaparkan sebagai metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas V SDN XXX  tahun pelajaran 2012/201. Hal ini ditandai dengan: (1) Hasil penilaian pembelajaran siklus I sebanyak  75 % siswa mendapat nilai tes minimal 65. (2) Hasil penilaian pembelajaran siklus II 100 % siswa mendapat nilai tes materi memberi tanggapan terhadap suatu minimal sama dengan  65. Oleh karena itu penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar, terutama bagi guru bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi yang menyenangkan dan menarik  minat siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca.
Kata kunci: Kemampuan, Berbicara, dan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD)



DAFTAR PUSTAKA



Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Arbi, Sutan Zanti 1993. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta : Depdikbud.
Basiran, Mokh. 1999. Apakah yang Dituntut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar.
Gulo, W.  2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo.
Hamalik, Omar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.
Mudini dan Salamat Purba. 2009. Pembelajaran Berbicara. Jakarta Depdiknas : PPPPTK Bahasa.
Pahyono. 2004.  Sosialisasi Model-model Pembelajaran di LPMP Jawa Tengah Tahun 2004. Semarang : LPMP Jawa Tengah
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Permendiknas RI No. 52 Tahun 2008 tentang Standar Proses.
Popham, W. James dan Eva L. Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terj. Amirul Hadi, dkk). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyanto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta. : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabheta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2002. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suwandi, Sarwiji 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiraatmaja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.



Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116

0 komentar:

Posting Komentar