PTK SD 210 = Pd 810 : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas V SDN XXX Tahun Pelajaran 2012/2013
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berbicara melalui
metode Student Teams Achievement
Divisions (STAD) pada siswa kelas V SDN XXX Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilaksanakan pada
semester Gasal tahun pelajaran 2012/2013 selama 4 bulan, yakni mulai bulan
Mei-Agustus 2012. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode tes dan alat pengumpulan data meliputi butir soal tes. Hasil penelitian
dipaparkan sebagai metode Student Teams Achievement Divisions (STAD)
dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada siswa kelas
V SDN XXX
tahun pelajaran 2012/201. Hal ini ditandai dengan: (1) Hasil penilaian
pembelajaran siklus I sebanyak 75 % siswa mendapat nilai tes
minimal 65. (2) Hasil penilaian
pembelajaran siklus II 100 % siswa
mendapat nilai tes materi memberi tanggapan terhadap
suatu minimal sama dengan 65. Oleh karena itu
penelitian ini dapat dijadikan suatu pertimbangan bagi guru yang ingin
menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar,
terutama bagi guru bahasa Indonesia dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca puisi
yang menyenangkan dan menarik minat
siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca.
Kata kunci: Kemampuan, Berbicara, dan metode Student Teams
Achievement Divisions (STAD)
DAFTAR PUSTAKA
Afifuddin dan Beni Ahmad Saebani. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Bandung: Penerbit Pustaka Setia.
Arbi, Sutan Zanti 1993. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta :
Depdikbud.
Basiran, Mokh. 1999.
Apakah yang Dituntut GBPP
Bahasa Indonesia Kurikulum 1994?. Yogyakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 1995. Pedoman Proses Belajar Mengajar di
SD. Jakarta: Proyek Pembinaan Sekolah Dasar.
Gulo, W. 2005. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta : Grasindo.
Hamalik, Omar. 2005. Perencanaan Pengajaran
Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara.
Mudini dan Salamat Purba. 2009. Pembelajaran
Berbicara. Jakarta Depdiknas : PPPPTK Bahasa.
Pahyono. 2004. Sosialisasi
Model-model Pembelajaran di LPMP Jawa Tengah Tahun 2004. Semarang : LPMP
Jawa Tengah
Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Permendiknas RI No.
52 Tahun 2008 tentang Standar Proses.
Popham, W. James dan Eva L. Baker. 2005. Teknik
Mengajar Secara Sistematis (Terj. Amirul Hadi, dkk). Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyanto. 2007. Model-model
Pembelajaran Inovatif. Surakarta. : Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sugiyono. 2009. Metode
Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabheta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2002. Pengembangan
Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suwandi, Sarwiji
2007. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Panitia Sertifikasi Guru
Rayon 13.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan
Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Wiraatmaja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian
Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Untuk mendapatkan file lengkap silahkan hubungi/ sms ke HP. 089 679 540 116
0 komentar:
Posting Komentar